Rabu 20 Mar 2024 08:18 WIB

Ini Daftar Caleg yang Berhasil Raih Kursi DPR dari Dapil Jabar II

PKB menjadi parpol peraih suara terbanyak di dapil Jabar II.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Ketua KPU Hasyim Asyari (dua kiri) bersama Anggota KPU memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu serentak 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Pada hari ke-21, KPU melanjutkan  rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat nasional untuk empat provinsi terakhir yakni Jawa Barat, Maluku, Papua dan Papua Pegunungan. Sebelumnya KPU telah merampungkan rekapitulasi nasional untuk 34 provinsi dari total 38 provinsi seluruh Indonesia.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua KPU Hasyim Asyari (dua kiri) bersama Anggota KPU memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu serentak 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Pada hari ke-21, KPU melanjutkan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat nasional untuk empat provinsi terakhir yakni Jawa Barat, Maluku, Papua dan Papua Pegunungan. Sebelumnya KPU telah merampungkan rekapitulasi nasional untuk 34 provinsi dari total 38 provinsi seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah membacakan penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Jabar II dalam rekapitulasi tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024). Hasil rekapitulasi itu juga telah disahkan oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam rekapitulasi tingkat nasional. 

Hasilnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih suara tertinggi di dapil itu. Di dapil yang meliputi wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, PKB meraih 517.125 suara. Angka itu merupakan yang tertinggi dibandingkan perolehan suara partai lainnya. 

Baca Juga

Setelahnya, Partai Golongan Karya (Golkar) meraih 497.508 suara. Di posisi ketiga, ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang meraih 397.432 suara. Sementara itu, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) meraih 326.368 suara. Sedangkan Partai Demokrat meraih 306.625 suara dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih 257.638 suara. Selain itu, Partai Amanat Nasional (PAN) meraih 242.783 suara dan Partai Nasdem 226.716 suara.

"Jawa Barat II bisa kita sahkan? Bismillah (dapil) Jawa Barat II sah," kata Hasyim saat mengesahkan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di dapil Jabar II, Selasa malam.

 

Diketahui, terdapat 10 kursi DPR yang diperebutkan di dapil Jabar II. Berdasarkan penghitungan menggunakan metode sainte lague, PKB dan Partai Golkar masing-masing berhasil mengamankan dua kursi. Sementara itu, Partai Gerindra, PDIP, Partai Nasdem, PKS, PAN, dan Partai Demokrat, masing-masing mendapatkan satu kursi.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement