Senin 18 Mar 2024 19:08 WIB

Masyarakat Sambut Antusias Saat Wagub Kalteng Buka Pasar Murah di Pulang Pisau

Pasar Murah ini merupakan penyaluran beras murah sebanyak 10 kg ke masyarakat

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo buka Pasar Murah di Wilayah Tengah Provinsi Kalteng, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau, Senin (18/3/2024). Wagub membuka Pasar Murah di dua lokasi, yakni Kecamatan Jabiren Raya dan Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir. Nampak masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah tersebut.
Foto: dok Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo buka Pasar Murah di Wilayah Tengah Provinsi Kalteng, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau, Senin (18/3/2024). Wagub membuka Pasar Murah di dua lokasi, yakni Kecamatan Jabiren Raya dan Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir. Nampak masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, PULANG PISAU -- Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo buka Pasar Murah di Wilayah Tengah Provinsi Kalteng, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau, Senin (18/3/2024). Wagub membuka Pasar Murah di dua lokasi, yakni Kecamatan Jabiren Raya dan Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir. Nampak masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah tersebut. 

Pasar Murah ini merupakan penyaluran beras murah sebanyak 10 kg kepada masyarakat setempat. Sebelumnya, Pemprov Kalteng melepas 1.420 ton beras subsidi untuk dibagikan kepada masyarakat melalui kegiatan Pasar Murah di 14 Kabupaten/Kota. 

Di Kabupaten Pulang Pisau ini, beras subsidi yang tersedia sebanyak 100 ton atau 10000 paket.  Saat membuka Pasar Murah di Kecamatan Jabiren Raya, Wagub mengatakan Pasar Murah ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi harga pangan dan juga untuk mengatasi inflasi daerah, apalagi saat ini memasuki bulan suci Ramadan.

"Pulang pisau merupakan Lumbung Padi Kalimantan Tengah. Tahun ini akan dibangun Rice To Rice (RTR) yaitu mesin untuk penggilingan padi/pengolahan padi, yang pabrik padinya berada di Pangkoh. Tahun ini juga ada program 21 ribu hektar untuk optimasi lahan rawa," ujarnya. 

Wagub menjelaskan, kehadirannya di Kabupaten Pulang Pisau di awal Ramadan ini adalah untuk memantau harga kebutuhan bahan pokok apakah ada kenaikan atau tidak, serta membantu masyarakat yang ingin mendapatkan beras murah. 

"Di Pasar Murah Kecamatan Jabiren Raya ini ada 1500 paket beras murah senilai 175 ribu rupiah, namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar 155 ribu rupiah, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp 20 ribu," imbuhnya. 

photo
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo buka Pasar Murah di Wilayah Tengah Provinsi Kalteng, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau, Senin (18/3/2024). Wagub membuka Pasar Murah di dua lokasi, yakni Kecamatan Jabiren Raya dan Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir. Nampak masyarakat sangat antusias dengan adanya Pasar Murah tersebut. - (Dok Pemprov Kalteng)

 

Wagub menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau juga memberikan subsidi beras sebesar Rp 20 ribu untuk wilayah Jabiren Raya yang terkena banjir. "Ada dua Desa yang terkena banjir yaitu Tumbang Nusa dan Tanjung Taruna," tuturnya.

Wagub menerangkan, kualitas beras pada Pasar Murah ini adalah beras medium yang bagus dan tidak berbau sehingga layak untuk didistribusikan ke masyarakat. 

Salah satu warga Kecamatan Jabiren Raya, Yuyu saat dibincangi Tim MMC Kalteng mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran yang telah mengadakan Pasar Murah ini. 

“Dengan harga terjangkau 20 ribu rupiah, itu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Semoga ke depan kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan,” ucapnya.

Sementara, di Halaman Stadion H.M Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir, Wagub menyampaikan Pasar Murah ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas harga. "InsyaAllah menjelang lebaran nanti akan ada kegiatan operasi pasar, menunya ditambah dengan gula, minyak goreng, kue kering, dan lain-lain," ungkapnya. 

Wagub menyebut, pada Pasar Murah di Stadion H.M Sanusi ini tersedia 2500 paket beras murah. Sama seperti lokasi sebelumnya, beras 10 kg seharga 175 ribu rupiah tersebut mendapatkan subsidi dari Pemprov Kalteng sebesar 155 ribu rupiah, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga 20 ribu rupiah.

"Dengan adanya pembagian beras subsidi di bulan Ramadan ini, semoga yang memberikan mendapat keberkahan, seiring dengan temanya Kalteng Berbagi Berkah," tandasnya. 

Selanjutnya, salah satu warga Mentaren II, Anis yang hadir pada Pasar Murah tersebut saat dibincangi Tim MMC Kalteng mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng atas bantuan beras subsidi yang dibagikan hari ini. 

"Semoga Bapak Gubernur sukses selalu, dan alhamdulillah kami mendapatkan beras dengan kualitas bagus dan pulen. Semoga ke depannya kegiatan ini bisa berlanjut," bebernya. 

Sebagai informasi, penyaluran beras subsidi hari ini merupakan penyaluran pertama yaitu sebanyak 40 ton atau 4000 paket. 

Nampak hadir Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani dan jajaran, unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM Suhaemi, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko, Asisten Administrasi Umum Setda Prov Kalteng Sri Suwanto, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement