Rabu 13 Mar 2024 14:35 WIB

Gerak Cepat Proses Naturalisasi Pemain Keturunan Jelang Indonesia Vs Vietnam

Total kini ada 12 pemain keturunan atau naturalisasi di skuad asuhan Shin Tae-yong.

Calon pemain naturalisasi tim nasional sepak bola Indonesia Jay Noah Idzes (kiri) bersiap menjalani pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) di Jakarta, Kamis (28/12/2023). Jay yang merupakan pemain dari Serie B Liga Italia bersama Venezia tersebut telah resmi menjadi WNI.
Foto:

Pengamat sepak bola Sigit Nugroho menilai dikotomi antara pemain naturalisasi dengan lokal mulai luntur di Indonesia. Sigit mengatakan fenomena ini bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di sejumlah negara seperti Filipina hingga Australia.

"Dalam sepak bola yang pragmatis seperti sekarang, dikotomi pemain naturalisasi dengan produk lokal memang mulai luntur. Filipina hampir 90 persen pemainnya bule. Australia bahkan tak memakai pemain Aborigin, yang jadi penduduk utama Benua Kanguru," kata Sigit Nugroho saat dihubungi pewarta, Jumat, pekan lalu.

Menurut Sigit, dengan banyaknya pemain naturalisasi yang dipanggil ke skuad Garuda itu menjadi cermin atau indikator kualitas Liga Indonesia. Ia menjabarkan bahwa masih belum banyak pemain dari produk liga domestik yang layak bertarung di level Asia hingga dunia.

"Memang banjir pemain naturalisasi seperti jadi cermin atau indikator kualitas Liga Indonesia. Faktanya, memang belum banyak pemain produk liga domestik yang layak bertarung di level Asia, apalagi dunia. Bahkan Asnawi Maungkualam dan Arhan Pratama pun mengasah diri di liga luar Indonesia," ujar Sigit.

Sigit mengatakan, pemanggilan pemain naturalisasi di Indonesia tergantung dari mana kacamata dan prospek yang digunakan untuk melihat. Menurutnya hal tersebut tentu akan merugikan pelatih dan pembina sepak bola lokal. Namun jika dilihat dari kondisi timnas Indonesia saat ini, kehadiran pemain naturalisasi di skuad Shin Tae-yong tersebut juga menguntungkan karena memberikan kedalaman skuad dan menciutkan mental lawan.

"Selain menyangkut reputasi Shin Tae-yong, juga memainkan separuh atau lebih pemain naturalisasi bisa mengecilkan mental lawan. Lihat saja media-media Vietnam rajin mengulas hadirnya pemain-pemain naturalisasi, yang kian hari kain ada perbaikan level. Sebut saja Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, yang terbiasa berlaga di liga level A di Eropa," ujar Sigit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement