Ahad 10 Mar 2024 18:54 WIB

Diplomat Kemenlu Buka Peluang Jadi Cagub NTB Lewat Partai Demokrat

Lalu Muhammad Iqbal mendekati Demokrat untuk maju pada Pilgub NTB 2024.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Eks Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal.
Foto: Republika/ Wihdan
Eks Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Eks Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menjajaki peluang untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2024, melalui Partai Demokrat. Iqbal sudah melakukan safari politik dan bertemu Ketua DPD Demokrat NTB, Indra Jaya Usman (IJU) di Ampenan, Kota Mataram, Sabtu (9/3/2024).

Ketua DPD Partai Demokrat, IJU tidak menampik, pertemuannya dengan Iqbal secara spesifik membahas perihal Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024. Pasaln ya, jadwal Pilkada Serentak akan berlangsung pada 27 November 2024.

Baca: SBY dan Prabowo, Hingga AHY Adalah Eks Penghuni Paviliun 5 Akmil

"Ini kalender yang paling dekat adalah pilkada. Saya bertemu dengan Lalu Iqbal ya tentu tidak jauh juga berbicara soal pilkada. Tapi kita masih bicara secara ringan-ringan saja, tipis-tipis saja (pilkada). Kami belum berbicara ke inti persoalan, teknisnya nanti seperti apa dan bagaimana," ujar IJU di Kota Mataram, Ahad (10/3/2024).

IJU menyampaikan, dalam waktu dekat, Demokrat telah menyiapkan mekanisme perihal penentuan dukungan di pilkada. Nantinya, DPP Partai Demokrat bakal memanggil seluruh DPD se-Indonesia untuk dimintai penjelasan perihal peta politik di daerah dalam menentukan kebijakan politik di pilkada.

Menurut IJU, pertemuan dengan Iqbal akan menjadi salah satu laporan ke DPP Demokrat. IJU menggarisbawahi, Demokrat ingin melanjutkan tren memenangkan kepala daerah di NTB yang telah terjaga dalam tiga episode pilgub terakhir di NTB.

Baca: Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Pasangan calon yang didukung Demokrat, sambung dia, selalu memenangkan kontestasi. Secara eksplisit, IJU menuturkan, Iqbal secara personal punya kapasitas untuk memimpin NTB. Apalagi, ia kenal sudah lama dengan diplomat karier Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tersebut.

"Jadi sudah mengerti ide dan pikirannya seperti apa. Tentu kami berharap ke depan karena ini bukan persoalan persoalan saya pribadi. Tapi di sini saya harus sebagai pimpinan partai yang harus menjamin bahwa siapa yang akan kita usung ke depan memastikan bahwa figur yang akan kita usung dapat sejalan dengan visi-misi Demokrat," ucap IJU.

Menurut IJU, ada sejumlah persoalan yang mesti ditangani serius oleh figur yang akan menjadi gubernur NTB berikutnya. Masalah itu, di antaranya pertambangan, pariwisata, dan kesehatan. Selain itu, ia menyampaikan, keamanan dan investasi yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat NTB juga menjadi pembahasan. "Hal-hal ini yang juga saya diskusikan tadi dengan Pak Iqbal," kata IJU.

Baca: Berikut Isi Surat Ucapan Selamat dari Presiden Erdogan untuk Prabowo

Sementara itu, Lalu Muhammad Iqbal juga tidak menampik pertemuannya dengan IJU juga tidak terlepas dari persoalan Pilgub NTB 2024. Apalagi, juru bicara Kemenlu tersebut mengakui, merupakan teman lama dengan IJU.

"Dan kita tahu kalau beliau ini baru selesai menjalani periode yang stresful. Jadi saya mengajak beliau ngopi biar agak rileks mumpung sudah selesai pemilu. Tapi setelah duduk saya seperti sedang di fit and propper test," terang Iqbal.

"Kalau masalah pilkada ya diomongin tipis-tipis, tapi jangan lupa beliau ini juga ketua partai dari partai yang raihannya cukup bagus. Jadi beliau sendiri kalau masalah pilkada juga layak memproyeksikan dirinya sendiri juga. Dan kami saling mendukung," kata Iqbal.

Lalu Iqbal apresiasi Demokrat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement