Selasa 05 Mar 2024 10:31 WIB

Kumpulkan 110.385 Suara, Dr Gamal Dipastikan Segel Kursi di Senayan

Di Kota Malang, dr Gamal meraih suara tertinggi dibandingkan caleg partai lainnya.

Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur V dari PKS, dr Gamal.
Foto: Republika.co.id
Caleg DPR RI Dapil Jawa Timur V dari PKS, dr Gamal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil rekapitulasi suara di seluruh kecamatan di Dapil V Jawa Timur (Jatim) memberikan hasil mengejutkan. Hal itu setelah dr Gamal yang menjadi kuda hitam di Dapil Malang Raya mampu meraih 110.385 suara berdasarkan rekap formulir D Kecamatan se-Malang Raya, Pleno KPUD Kota Malang, dan pleno KPUD Kota Batu. Raihan suara dr. Gamal juga menduduki peringkat tiga terbesar.

Lebih dari itu, dibandingkan semua caleg partai peserta Pileg 2024, dr Gamal meraih suara tertinggi di setiap kecamatan di Kota Malang dengan total raihan 56.741 suara. Bahkan, dr Gamal juga meraih suara tertinggi di Singosari, Dau, dan Kasembon di Kabupaten Malang. 

Baca Juga

Torehan 110.385 suara memastikan dokter lulusan Universitas Brawijaya tersebut mendapatkan satu kursi di Senayan. Padahal, dr Gamal adalah pendatang baru di dunia politik dan baru pertama maju sebagai caleg. Hal itu juga membuat rekor karena caleg PKS pada 2019, gagal mendapatkan satu kursi pun dari Dapil Malang Raya.

Adapun peraih suara terbanyak adalah caleg sekaligus Sekjen DPP PKB M Hasanuddin Wahid dengan 125.279 suara. Untuk peringkat kedua merupakan caleg Gerindra Moreno Soeprapto dengan 112.238 suara.

Ditanya kunci keberhasilannya pada Pileg 2024 hingga masuk tiga besar dan meraih suara tertinggi di Kota Malang, dr Gamal mengaku, memegang prinsip lebih baik menderita karena kedisiplinan daripada menderita karena kegagalan, penyesalan, dan kekalahan. Karena itu, ia harus mau turun langsung bertemu masyarakat. 

"Kami mengunjungi lebih dari 1.000 lokasi selama dua tahun terakhir, dengan lima sampai 10 lokasi setiap hari, dan bertemu ratusan hingga ribuan orang setiap harinya," ucap dr Gamal ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Selain itu, dr Gamal mengaku, menerapkan gagasan politik pemberdayaan, yaitu mengembangkan inovasi sosial yang berdampak luas dan dibuat bukan semata-mata untuk kepentingan elektoral. Sehingga, program tersebut memiliki keberlanjutan yang lama dan terus berjalan walau pemilu telah usai.

Pahlawan demokrasi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement