Senin 04 Mar 2024 15:57 WIB

Pengamat Dorong TNI AL dan Bakamla Bersinergi Jaga Kawasan Laut IKN

IKN sangat rawan sehingga butuh sensor yang bisa mengawasi kapal melintas di ALKI.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
KRI Raden Eddy Martadinata-331 (kanan) berlayar ketika latihan di perairan Kalimantan (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
KRI Raden Eddy Martadinata-331 (kanan) berlayar ketika latihan di perairan Kalimantan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat militer dan Co-Founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, TNI AL dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI serta seluruh pihak keamanan harus bersinergi dalam menjaga wilayah maritim di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Integrasi dan koordinasi antara Bakamla dan TNI AL harus kuat, artinya jangan sampai tumpang tindih," kata Khairul saat dihubungi di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca: Panglima TNI dan KSAD Jadi Warga Kehormatan Kapal Selam TNI AL

Menurut Khairul, tumpang tindih kewenangan antara Bakamla dan TNI AL kerap terjadi. Hal itu lantaran dua pihak tersebut memiliki tugas yang sama, yakni menjaga kawasan maritim Indonesia.

Fenomena tumpang tindih kewenangan itu, lanjut Khairul, membuat koordinasi antara keduanya dalam melakukan penjagaan tidak dibangun secara maksimal. "Yang terjadi sampai saat ini kan masih ada tumpang tindih kewenangan antara Bakamla dan TNI AL. Nah ini termasuk yang harus diselesaikan supaya tidak ada masalah dalam konteks pengamanan IKN," kata Khairul.

Baca: KSAD Umumkan 18 Satuan akan Dibangun di Sekitar IKN

Oleh karena itu, Khairul mengatakan, seluruh lembaga yang bertugas melakukan penjagaan laut Indonesia harus memiliki batas tugas yang jelas. Dengan demikian, kerja sama antarlembaga bisa terjalin dan penjagaan wilayah maritim Indonesia bisa berjalan maksimal, terlebih dalam menjaga kawasan maritim di IKN.

Menurut dia, penjagaan kawasan laut IKN harus diperketat lantaran jalur perairan di sana dikategorikan sebagai Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II. "Jalur laut ini dipenuhi aktivitas dengan perdagangan seperti keluar masuk kapal barang hingga nelayan sehingga dibutuhkan penjagaan yang ketat," ujar Khairul.

Selain meningkatkan koordinasi dengan Bakamla, Khairul mengemukakan, TNI AL harus meningkatkan kekuatan pengamanan laut. Salah satunya, dengan menaikkan predikat Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) Balikpapan.

Baca: Jenderal Andika Perkasa Kini Besanan dengan Mantan KSAU

"Di perairan ALKI II perlu dihadirkan kekuatan yang memiliki efek tinggi dan memiliki kemampuan reaksi cepat, artinya selain kapal kekuatan marinir, radar juga itu perlu tersedia dan terfasilitasi dengan baik agar tidak ada celah rawan di sana," kata Khairul.

IKN butuh sensor...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement