Kamis 29 Feb 2024 23:12 WIB

Jurusan Digital Marketing, Belajar Apa? Cek 5 Mata Kuliah Unggulannya!

salah satu hal yang dipelajari adalah mengenai strategi pemasaran produk.

Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi jembatan meraih karier yang gemilang.
Foto: UPH
Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi jembatan meraih karier yang gemilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komunikasi pemasaran digital atau digital marketing communications (DMC) telah menjadi tulang punggung strategi bisnis modern di era teknologi saat ini. Pemasaran digital kini juga menjadi salah satu jurusan di universitas yang paling banyak diminati dan juga dicari lulusannya. Setidaknya ada lima mata kuliah unggulan yang menjadi penarik minat para calon mahasiswa di bidang tersebut.

"Dalam jurusan pemasaran digital, salah satu hal yang dipelajari adalah mengenai strategi pemasaran yang mempelajari cara promosi produk melalui media digital dengan harapan mampu mencapai konsumen dengan cepat, tepat, personal, dan relevan,” ucap Ketua Prodi Pendidikan Jarak Jauh Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (PJJ Ilkom UPH) Azalia Gerungan dalam siaran pers, Kamis (29/2/2024).

Dia menjelaskan, DMC tidak hanya sebatas tentang memasang iklan online atau punya media sosial saja, tetapi juga mencakup analisis data, optimasi situs web, pemanfaatan SEO alias Search Engine Optimization, dan lainnya. Pemasaran digital menggabungkan berbagai teknologi dan platform daring untuk mencapai tujuan pemasaran dengan cara yang lebih efisien dan terukur.

“Jurusan ini juga akan memberikan pengetahuan dasar tentang pemasaran, serta keterampilan untuk bisa melakukan analisis pemasaran, pengambilan keputusan, sampai komunikasi yang efektif kepada semua pihak yang terlibat dalam penjualan,” jelas dia.

Dia mengatakan, pihaknya memahami pentingnya pemasaran digital dalam dunia bisnis modern. Sebab itu, PJJ Ilkom UPH menawarkan beragam mata kuliah peminatan pemasaran digital yang mencakup topik seperti strategi pemasaran digital, perilaku konsumen baik online maupun offline, manajemen event dan kampanye iklan digital, dan banyak lagi.

“Dengan kurikulum yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan terbaru dalam industri, mahasiswa UPH dipersiapkan untuk dapat terus beradaptasi terhadap tantangan dalam dunia pemasaran digital,” terang dia.

Setidaknya, kata dia, ada lima mata kuliah yang akan dipelajari di peminatan pemasaran digital PJJ Ilmu Komunikasi UPH. Kelima mata kuliah itu terdiri dari teknologi dan media baru, design and editing, event management, social media marketing, dan kasus-kasus integrated marketing communication (IMC).

Azalia nemerangkan, selain memiliki kurikulum yang berkualitas, pihaknya juga menggunakan Learning Management System (LMS) bernama Moodle yang terintegrasi dengan teknologi interaktif dan dapat diakses dengan mudah. LMS itu menjadi alat pembelajaran yang efisien dan memberikan keleluasaan bagi mahasiswa yang ingin mengejar karier sambil menempuh studi.

“Dengan bantuan LMS, mahasiswa dapat dengan cepat mengakses materi pembelajaran, baik berupa video maupun teks,” terang dia.

Menurut dia, para mahasiswa akan dibimbing dengan dosen yang kompeten dan berdedikasi dalam mengajar dan berdiskusi aktif dengan mahasiswa. Di mana, metode pembelajaran akan dilakukan secara dua arah, yakni dosen dan mahasiswa dapat saling memberikan umpan balik yang konstruktif. Para dosen juga selalu siap menjawab berbagai pertanyaan terkait mata kuliah yang diajarkan.

“Sistem dan interaksi ini sangat penting dalam pembelajaran akademis mahasiswa. Prodi PJJ Ilmu Komunikasi UPH peminatan Digital Marketing Communication adalah pilihan terbaik bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan keterampilan di bidang pemasaran digital,” jelas Azalia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement