Rabu 28 Feb 2024 19:01 WIB

Raih Pangkat Bintang Empat, Prabowo Gelar Syukuran Bersama Keluarga

Syukuran Prabowo dihadiri Sjafrie Sjamsoeddin, Dudung Abdurachman, dan Boy Thohir.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (HOR) Prabowo Subianto menggelar acara syukuran atas kenaikan pangkat istimewa yang ia terima, di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024).
Foto: Dok. Tim Media Prabowo
Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (HOR) Prabowo Subianto menggelar acara syukuran atas kenaikan pangkat istimewa yang ia terima, di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Jenderal Kehormatan Prabowo Subianto menggelar syukuran bersama keluarganya di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2024). Acara syukuran itu digelar usai Prabowo dianugerahi kenaikan pangkat istimewa jenderal penuh atau bintang empat oleh Presiden Jokowi.

Dalam acara syukuran itu, Prabowo masih mengenakan pakaian dinas upacara (PDU) Angkatan Darat lengkap dengan tanda bintang empat di pundak. Di hadapan keluarga dan sahabat dekatnya, Prabowo memotong tumpeng sebagai tanda syukur.

Baca: SBY dan Prabowo, Hingga AHY Adalah Eks Penghuni Paviliun 5 Akmil

Prabowo memberikan potongan tumpeng pertama kepada bibinya, Sukartini Silitonga Djojohadikusumo yang berusia 105 tahun. Sukartini merupakan adik dari ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikusumo.

Prabowo juga sungkem kepada Sukartini atau yang biasa ia sapa Tante Tin itu. Dalam acara tersebut, turut hadir Letnan Jenderal (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman, dan pengusaha Garibaldi Thohir alias Boy Thohir.

Pada Rabu pagi, Prabowo menerima penganugerahan jenderal bintang empat dari Jokowi di Mabes TNI, Jakarta. Jokowi memberikan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Prabowo sesuai dengan Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024.

Baca: Mengenal Raja Baru Malaysia, Junior Prabowo di Fort Bragg, AS

Selaras dengan Keppres tersebut, penganugerahan pangkat istimewa TNI untuk Prabowo ini sesuai dengan UU yang berlaku saat ini, yaitu UU Nomor 20 tahun 2009. Dalam UU tersebut terdapat pengaturan soal pengangkatan atau kenaikan pangkat istimewa.

"Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa dan kepada negara. Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto," kata Jokowi.

Prabowo diketahui merupakan capres pemenang Pilpres 2024 berdasarkan hasil hitung cepat dan real count sementara. Kemenangan Prabowo diyakini secara luas tak lepas dari dukungan Presiden Jokowi.

Baca: Resmikan Program Kostrad, Pompa Hidram di Desa Tipar, Banyumas Bantu 6.000 Warga

Sebelum terjun ke dunia politik, Prabowo aktif di TNI. Dia pernah menjadi komandan jenderal Kopassus, panglima Kostrad, dan terakhir menjabat sebagai komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI. Pangkat terakhir Prabowo adalah letnan jenderal alias bintang tiga.

Disidang DKP...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement