Rabu 28 Feb 2024 13:29 WIB

Soal Peran di Pemerintahan Selanjutnya, Jokowi: Tanya ke Prabowo, kok ke Saya?

Presiden Jokowi sebut tanya ke Prabowo soal perannya di pemerintahan selanjutnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi sebut tanya ke Prabowo soal perannya di pemerintahan selanjutnya.
Foto: Republika.co.id
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi sebut tanya ke Prabowo soal perannya di pemerintahan selanjutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya soal kabar dirinya memiliki peran baru di pemerintahan selanjutnya. Ia pun meminta agar kembali menanyakan hal itu kepada Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Tanyakan ke pak Airlangga," kata Jokowi sambil tertawa usai memberikan kenaikan pangkat secara istimewa kepada Prabowo di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (28/2/2024).

Baca Juga

Sedangkan terkait isu keterlibatannya dalam penyusunan kabinet berikutnya, Jokowi meminta agar ditanyakan kepada Menteri Pertahanan sekaligus capres Prabowo Subianto.

"Tanya ke pak Prabowo. Kok pada ke saya," ujarnya.

 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memiliki peran baru di pemerintahan selanjutnya. Kendati demikian, ia tak menjelaskan peran apa yang akan dilakukan oleh Jokowi.

"Tentu akan ada perannya tapi kita tunggu," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Saat ditanya pandangan soal Jokowi yang terlalu cawe-cawe di pemerintahan selanjutnya, Airlangga enggan menjawabnya. Ia hanya meminta agar seluruh pihak menunggu keputusan dari KPU.

Pemerintah sendiri sebelumnya telah membahas program capres cawapres terpilih di RAPBN 2025, seperti program makan siang gratis. Airlangga mengatakan, pembahasan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan program-program pemerintahan selanjutnya.

"Itu kan namanya envelop. Amplop. Amplop anggaran kan harus dibaca detailnya lagi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement