Kamis 22 Feb 2024 13:55 WIB

Singkirkan Sarang Tawon tanpa Alat Pelindung Tubuh, Warga Bogor Meninggal Disengat

Warga Kedungjaya, Bogor diduga meninggal disengat tawon Vespa affinis.

Tawon endhas atau Vespa affinis. Jenis tawon ini berbahaya karena racun sengatnya bisa mematikan.
Foto: Wikipedia
Tawon endhas atau Vespa affinis. Jenis tawon ini berbahaya karena racun sengatnya bisa mematikan.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BOGOR -- Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor, Jawa Barat, M Ade Nugraha, mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati ketika menangani tawon. Seruan itu disampaikan menyusul kabar meninggalnya seorang warga Kelurahan Kedungjaya akibat disengat tawon.

"Jadi, orang tersebut berusaha untuk mengevakuasi tawon secara mandiri, dan karena badannya itu banyak disengat tawon, akhirnya dibawa ke rumah sakit," kata Ade, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga

Ade menduga tawon yang menyengat korban merupakan jenis Vespa affinis. Tawon ini terkenal ganas dan sengatannya bisa menyebabkan kematian.

Apabila disengat lebih dari seekor tawon Vespa affinis, tubuh korban dipastikan tidak bisa menahan racun sengatnya. Ade menyebut, dampak dari sengatan tawon Vespa affinis bisa berupa alergi, bengkak, sesak napas, hingga gagal jantung.

"Apabila benar jenisnya adalah tawon Vespa affinis, ​​​​dan memang itu jenis tawon berbahaya, seharusnya lebih berhati-hati menangani tawon tersebut," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement