Ahad 04 Feb 2024 12:39 WIB

Jadi Wirausaha Sejak Mahasiswa, Ini 5 Mindset yang Harus Dimiliki

Membentuk mindset yang benar merupakan langkah awal yang sangat penting.

Berpikir jadi seorang pengusaha bukan hanya harus memiliki ide bisnis yang brilian, tetapi juga tentang memiliki pola pikir yang tepat. Bagi mahasiswa yang bercita-cita jadi pengusaha di masa depan, membentuk mindset yang benar merupakan langkah awal yang sangat penting.
Foto: dok UNM
Berpikir jadi seorang pengusaha bukan hanya harus memiliki ide bisnis yang brilian, tetapi juga tentang memiliki pola pikir yang tepat. Bagi mahasiswa yang bercita-cita jadi pengusaha di masa depan, membentuk mindset yang benar merupakan langkah awal yang sangat penting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berpikir jadi seorang pengusaha bukan hanya harus memiliki ide bisnis yang brilian, tetapi juga tentang memiliki pola pikir yang tepat. Bagi mahasiswa yang bercita-cita jadi pengusaha di masa depan, membentuk mindset yang benar merupakan langkah awal yang sangat penting.

Berikut 5 mindset yang harus dimiliki untuk menjadi wirausaha yang sukses:

1. Memiliki visi misi yang besar

Wirausaha yang sukses tidak hanya melihat hal-hal dari sudut pandang saat ini, tetapi juga memiliki pandangan jauh ke depan. Memiliki visi dan misi yang besar memungkinkan seorang wirausaha untuk mengarahkan semua tindakan dan keputusan mereka menuju tujuan akhir yang diinginkan. Sejak mahasiswa, penting untuk membangun visi yang jelas tentang apa yang ingin dicapai dalam bisnisnya dan menggabungkannya dengan misi yang memberikan makna pada usaha tersebut.

2. Berani ambil risiko

Risiko merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan menjadi seorang wirausaha. Mahasiswa yang ingin menjadi wirausaha sukses harus memahami bahwa mengambil risiko adalah hal yang tidak bisa dihindari. 

Namun, yang membedakan antara wirausaha yang sukses dan yang tidak yakni dari keberanian untuk menghadapi risiko tersebut. Berani mengambil risiko berarti siap untuk menghadapi ketidakpastian dan belajar dari setiap kegagalan yang mungkin terjadi di sepanjang jalan.

3. Cari peluang baru

Wirausaha yang sukses tidak hanya menunggu peluang datang, tetapi juga aktif menciptakan peluang-peluang baru. Mahasiswa wirausaha harus melatih diri untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru. Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati trend pasar, memahami kebutuhan konsumen dan mencari celah di pasar yang belum terpenuhi. Mencari peluang baru juga memerlukan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan menjadi fleksibel dalam mengubah strategi bisnis.

4. Terus belajar

Dunia bisnis terus berkembang dan berubah dengan cepat. Oleh karena itu, penting bagi seorang wirausaha untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Mahasiswa wirausaha harus memiliki sikap adaptif terhadap pengetahuan baru dan selalu siap untuk meningkatkan keterampilan mereka. Ini dapat dilakukan melalui membaca buku-buku tentang wirausaha, mengikuti kursus-kursus online atau bahkan melalui pengalaman langsung dalam berwirausaha.

5. Berani gagal

Kegagalan merupakan bagian tak terhindarkan dari perjalanan menjadi seorang wirausaha. Namun, yang membedakan antara wirausaha yang sukses dan yang tidak yakni cara mereka merespons kegagalan. Sebagai mahasiswa wirausaha, penting untuk melihat kegagalan sebagai pelajaran berharga yang dapat membantu kita tumbuh dan berkembang. Melalui kegagalan, kita dapat menemukan kelemahan dalam bisnis kita dan menemukan cara untuk memperbaikinya, sehingga membawa kita lebih dekat menuju kesuksesan yang sejati.

Maruloh, selaku Kepala Nusamandiri Entrepreneur Center (NEC) mengatakan dengan menerapkan mindset sejak dini, mahasiswa dapat mempersiapkan diri secara lebih baik untuk menghadapi tantangan dalam dunia wirausaha.

“Jangan pernah ragu untuk bermimpi besar dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkannya. Setiap langkah kecil yang diambil hari ini dapat membawa kita lebih dekat menuju kesuksesan di masa depan,” ungkap Maruloh.

NEC, sebagai lembaga yang ada dibawah naungan Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini, menghadirkan kesempatan yang sangat luas bagi mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) agar menjadi pengusaha.

Selain itu, sebagai Kampus Digital Bisnis, Universitas Nusa Mandiri (UNM) juga menjadi kampus pilihan anak muda yang ingin belajar teknologi dan bisnis.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement