Sabtu 27 Jul 2024 20:23 WIB

Babak Pertama, Belum Ada Gol pada Laga Indonesia Vs Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19

Timnas Indonesia U-19 kesulitan menembus pertahanan Malaysia.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Muhammad Alfharezzi Buffon (kiri) berusaha menjebol gawang kiper Timnas Malaysia  Muhammad Hazig Aiman Bin Mohd Esa (kanan) dalam pertandingan semifinal Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024). Indonesia menang dengan skor 1-0 dan lolos ke babak final untuk bertanding melawan Timnas Thailand.
Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Pesepak bola Timnas Indonesia Muhammad Alfharezzi Buffon (kiri) berusaha menjebol gawang kiper Timnas Malaysia Muhammad Hazig Aiman Bin Mohd Esa (kanan) dalam pertandingan semifinal Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024). Indonesia menang dengan skor 1-0 dan lolos ke babak final untuk bertanding melawan Timnas Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum ada tercipta pada babak pertama laga semifinal kedua Piala AFF U-19 antara Indonesia melawan Malaysia. Kedua tim bermain imbang 0-0 hingga turun minum dalam pertandingan yang digelar Sabtu (27/7/2024) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Kedua tim sama-sama ngotot untuk mencari gol. Namun pada saat yang sama, lini belakang kedua tim sangat disiplin mengamankan areanya dari bahaya.

Baca Juga

Lima menit pertandingan berjalan Indonesia mengancam melalui sundulan Arkhan Kaka melanjutkan lemparan kedalam Muhammad Mufli yang gagal menghadirkan bahaya.

Malaysia kemudian mendominasi permainan dengan operan-operan pendek mereka mengepung pertahanan Indonesia yang dikomandani oleh Kadek Arel. 

 

Pada menit ke-10, sepakan Muhammad Naim dibayangi Kadek Arel sehingga tak menghadirkan bahaya ke gawang Indonesia yang dijaga Ikram Al Ghiffari.

Berselang semenit, tendangan Figo Dennis dari luar kotak penalti hanya melenceng di sisi kanan gawang Malaysia.

Menit ke-13, Jens Ravens yang bermain menjadi starter melepaskan tendangan voli yang keras tetapi masih bisa diblok pemain Malaysia.

Pada menit ke-15 lemparan ke dalam Mufli kembali menghadirkan kemelut di pertahanan Malaysia. Namun kiper Malaysia Muhammad Haziq Aiman bisa keluar dari sarangnya untuk meninju bola yang mengarah kepada Raven. 

Indonesia kemudian memainkan sepak bola cantik satu dua sentuhan pada menit ke-33. Namun kreasi Dony Tri Pamungkas dan Arkhan Kaka gagal dituntaskan, hanya melahirkan sepak pojok.

Sepak pojok itu kemudian menciptakan peluang lewat Buffon di tiang jauh, tapi sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Malaysia.

Welber Jardim melepas umpan silang pada manit ke-38, tapi bisa ditangkap kiper Malaysia.

Pada menit ke-43 Malaysia mampu menciptakan ancaman di kotak penalti Indonesia. Namun tembakan Muhammad Naim bisa diblok barisan pertahanan Indonesia. Sampai injury time semenit berakhir, skor tetap 0-0.

Daftar Susunan Pemain

Indonesia (3-5-2)

Ikram Alghiffari (PG), Kadek Arel Priyatna, Muhammad Alfharezi Buffon, Muhammad Iqbal Gwijangge; Figo Dennis Saputrananto, Muhammad Kafiatur, Weberlieskott de Halim Jardim, Donny Tri Pamungkas (Kapten), Muhammad Mufli Hidayat; Arkhan Kaka Putra Purwanto, Jens Raven.

Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia (4-4-2)

Muhamad Ridzwan, Muhammad Shafizan, Muhammad Zachary, Ariff Safwan (kapten); Danish Hakimi, Muhammad Khalil, Izzat Muhammad, Muhammad Haykal; Pavithran Gunalan, Muhammad Naim

 

Pelatih: Juan Torres Garrido

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement