Kamis 01 Feb 2024 01:34 WIB

Mundurnya Mahfud Dinilai Buka Jalan Bagi AHY Jadi Menteri Jokowi

Apalagi sebelumnya, Jokowi telah menggelar pertemuan dengan AHY.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersepeda bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Yogyakarta, Ahad, (28/1/2024). Setelah bersepeda, keduanya melanjutkan sarapan pagi bersama. Pertemuan Jokowi dan AHY membahas berbagai persoalan kebangsaan hingga situasi politik di Tanah Air saat ini. 
Foto:

Presiden Jokowi diketahui bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Yogyakarta pada Ahad (28/1/2024) pagi. Pertemuan Jokowi dengan AHY ini melengkapi pertemuannya dengan sejumlah ketua umum partai politik pendukung pasangan calon 02 Prabowo-Gibran. Beberapa minggu lalu, Jokowi juga telah bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, kemudian Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief membenarkan pertemuan Presiden Jokowi dengan AHY. Menurut Andi Arief, pertemuan keduanya digelar karena sedang bersamaan melakukan kegiatan di Yogyakarta.

"Bisa. Kebetulan ada agenda Pak Jokowi di Yogya dan AHY berkegiatan di Yogya dan Semarang," kata Andi saat dihubungi Republika, Ahad (28/1/2024).

Menurut Andi, dalam pertemuan itu, Jokowi dan AHY hanya melakukan diskusi biasa. Andi membantah keduanya membahas soal strategi pemenangan pasangan calon 02 dalam pertemuan itu.

"Nggak. Bertemu berdiskusi biasa. Silaturahmi biasa," ujar dia.

Selain itu, Andi juga menyebut keduanya tidak membahas mengenai kabinet. Menurut dia, baik AHY maupun Jokowi saling memahami posisi Demokrat saat ini yang berada di luar pemerintahan. Sedangkan dukungan Demokrat terhadap pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merupakan hal yang berbeda.

"Tidak bicara kabinet dan lain-lain. Pak Jokowi dan AHY saling memahami posisi saat ini Demokrat berada di luar pemerintahan dan saat ini bergabung dengan 02. Dua hal yang berbeda," jelas dia.

Menurut AHY, pertemuan antara dirinya dan Jokowi membahas mengenai isu kebangsaan dan juga persiapan pemilu agar berjalan aman, damai, dan demokratis. "Usai bersepeda dan sarapan bersama Bapak Jokowi, kami banyak berdiskusi membahas isu-isu kebangsaan dan tentu terkait kesiapan Pemilu agar berjalan dengan aman, damai dan demokratis," ujar AHY dalam siaran pers yang diterima, Ahad (28/1/2024).

 

“Pagi hari ini saya berolahraga dengan bersepeda bersama Bapak Presiden Jokowi di Daerah Istimewa Yogyakarta, sambil menikmati suasana Jogja yang begitu menyenangkan,” ucap AHY, menjelaskan.

 

AHY pun mendoakan Jokowi agar diberikan kelancaran dalam menuntaskan masa jabatannya sebagai Presiden dan memimpin bangsa Indonesia. “Sehat selalu Pak Jokowi. Semoga senantiasa dikaruniai kelancaran untuk menuntaskan masa pengabdian ini,” kata AHY.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement