Sabtu 20 Jan 2024 11:19 WIB

Jokowi Ajak Relawan Jaga Kerukunan Jelang Pilpres

Presiden mengingatkan agar jangan hanya karena beda pilihan tak sapa tetangga.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para relawan untuk menjaga kerukunan dan persatuan bangsa jelang Pilpres 2024. Ia menegaskan agar keutuhan bangsa tetap dijaga meskipun antarmasyarakat berbeda pilihan.

"Saya mengajak bapak ibu sekalian untuk bersama-sama menjaga kerukunan, menjaga persatuan kita, menjaga keutuhan kita sebagai sebuah bangsa, jangan sampai karena perbedaan pilihan, tidak saling menyapa antertetangga, tidak saling menyapa antarkawan," kata Jokowi kepada para relawan di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, pemilu merupakan penyelenggaraan rutin tiap lima tahun. Karena itu, jangan sampai masyarakat tetap tidak bertegur sapa, padahal para elite politiknya sudah sering berkomunikasi dan bertemu.

"Jangan sampai yang di atas udah makan makan, sudah ngopi bareng, sudah ngeteh bareng, yang di bawah masih tidak saling bertegur sapa, itu tidak boleh," ujarnya.

Jokowi menyampaikan, penyelenggaraan pemilu serentak inipun merupakan sebuah pekerjaan yang sangat besar bagi sebuah negara. Sehingga pembangunan bisa terus berlanjut.

Karena itu, ia pun mengajak seluruh relawan agar merayakan pesta demokrasi dengan penuh tanggung jawab, sehingga bisa berjalan damai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement