Senin 15 Jan 2024 22:21 WIB

KLHK Tanam Pohon Serentak di Seluruh Indonesia

KLHK menggencarkan program penanaman pohon sesuai arahan Presiden Jokowi.

Gerakan tanam pohon KLHK yang digelar di seluruh Indonesia
Foto: KLHK
Gerakan tanam pohon KLHK yang digelar di seluruh Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali melakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 14 Januari 2024. Kegiatan yang berlokasi di Provinsi Banten ini dipimpin oleh Wakil Presiden Maruf Amin.

Sementara itu, di Provinsi Sumatra Utara kegiatan penanaman dilaksanakan di Desa Sipolha Horison, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, pada areal KTH Sipolha Nauli, yang merupakan areal UPSA dengan luas areal sekitar 5 hektar.

Baca Juga

Jumlah bibit yang ditanam di lokasi ini sebanyak 200 batang, dengan jenis bibit pohon yang ditanam meliputi Alpukat Siger 185 batang dan Durian 15 batang. Sebelumnya telah dilakukan penanaman oleh KTH bersama masyarakat sekitar sebanyak 2.000 pohon dengan Jenis pohon: Alpukat, Durian dan Pinang. Bibit diperoleh dari Kegiatan UPSA  BPDAS Asahan Barumun.

Kegiatan penanaman dihadiri oleh Pj Gubernur Sumatra Utara, Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Bupati Simalungun, Direktur lingkup Ditjen PKTL, Forkopimda Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Simalungun, OPD Provinsi Sumatra Utara dan OPD Kabupaten Simalungun, UPT KLHK di Provinsi Sumatera Utara, BPKHTL I sampai dengan XXII, Camat Pematang Sidamanik, Kapolsek Pematang Sidamanik, masyarakat Kelurahan Sipolha Horison, Kelompok Tani Hutan Sipolha Nauli, dan Greenleader di Kabupaten Simalungun.

Kegiatan penanaman diawali dengan menyimak arahan dari Bapak Wakil Presiden RI dan sambutan dari Ibu Menteri LHK secara daring dan dilanjutkan penanaman bersama di lokasi KTH Sipolha Nauli. Kegiatan penanaman di Sumatera Utara ini, termasuk dalam lokasi yang disapa oleh  Wakil Presiden RI dan Menteri LHK melalui teleconference.

Pada kesempatan tersebut Direktur Jenderal PKTL Hanif Faisol Nurofiq menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta Pemerintah Kabupaten Simalungun dan berharap agar kegiatan penanaman di musim penghujan terus dilaksanakan, sesuai dengan amanat Bapak Presiden RI.

Sementara itu Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin menyampaikan bahwa kegiatan penanaman ini harus ditingkatkan, tidak hanya sekedar acara seremonial saja, serta mengajak semua pihak agar ikut berperan pada kegiatan penanaman ini. Lebih lanjut, Pj Gubernur Sumatra Utara menyampaikan agar pohon tidak sekadar ditanam saja, tapi juga dipelihara agar memberikan hasil dalam mendukung keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan masyarakat serta manfaat lainnya. 

Untuk mendukung kegiatan penanaman di musim penghujan ini, setiap jajaran di pemerintahan pusat maupun daerah agar terus mensosialisasikan pelaksanaan kegiatan penanaman di musim penghujan dan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi pada penanaman pohon dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan kritis, khususnya yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi pada acara penanaman pohon di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement