Selasa 09 Jan 2024 14:45 WIB

Surat Suara Mulai Didistribusikan KPU Papua, Ini Sejumlah Tantangannya

Menurut Steve, distribusi tersebut dilakukan melalui jalur darat dan laut.

Ilustrasi Surat Suara.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ilustrasi Surat Suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mulai mendistribusikan logistik surat suara untuk pilpres pada Pemilu 2024 ke empat kabupaten dan kota di Bumi Cenderawasih itu.

Kepada Antara di Jayapura, Selasa (9/1/2024), Ketua KPU Papua Steve Dumbon mengatakan surat suara pilpres untuk sembilan kabupaten dan kota di Papua telah tiba dan langsung didistribusikan.

Baca Juga

"Untuk pagi ini, kami langsung lakukan pengiriman ke Kota (Jayapura) dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Sarmi," kata Steve.

Menurut Steve, distribusi tersebut dilakukan melalui jalur darat, karena jaraknya cukup mudah dilalui; sedangkan untuk daerah lainnya akan dikirim pada Rabu (10/1/2024).

"Sementara Kabupaten Mamberamo Raya, kami distribusi melalui jalur laut yang mana akan di kirim melalui kapal ke Kasonaweja," katanya menambahkan.

Steve menambahkan untuk empat kabupaten lain, yakni Kepulauan Yapen, Biak, Waropen, dan Supiori, juga akan dikirim melalui via udara menuju Bandara Frans Kaisepo Biak pada Rabu.

"Setelah sampai di Biak, barulah dikirim ke Supiori melalui jalur darat. Kemudian, Kepulauan Yapen dan Waropen jalur laut. Dengan begitu, pendistribusian yang dilakukan ini sangat cepat guna mengantisipasi terjadinya surat suara rusak," ujar Steve.

Terkait surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI, DPRD Provinsi Papua, serta DPRD kabupaten dan kota di Papua dijadwalkan tiba pada 12-13 Januari. Steve berharap pengiriman logistik itu tepat waktu supaya dapat segera didistribusikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement