Selasa 02 Jan 2024 10:56 WIB

Antisipasi Kepadatan Arus Balik 2024, Korlantas Polri Terapkan One Way Hingga Contraflow

Korlantas siapkan strategi urai kemacetan pada tahun baru 2024.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Foto: Korlantas
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Korlantas Polri telah memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari One way hingga Contraflow dalam mengantisipasi puncak arus balik libur Tahun Baru 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan rekayasa lalin one way diberlakukan di KM 188 GT Palimanan hingga Tol Japek KM 72 yang dimulai pada tadi pukul 18.00 WIB yang berakhir pada 24.00 WIB. Hal ini bersifat situasional sesuai dengan deskresi kepolisian. 

Baca Juga

"Dari pantauan CCTV dari arah timur atau selatan ini arus lalu lintas masih cukup ramai sehingga kami memutuskan untuk melaksanakan oneway dari KM 188 GT Tol Palimanan sampai dengan KM 72 Tol Jakarta - Cikampek," kata Kakorlantas di Comamad Center PJR Korlantas Polri KM 29, Senin (1/1/2024).

Menurutnya contraflow juga dibelakukan di KM 72 hingga 47 dan dilanjutkan sampai KM 36 Tol Japek.

"Kemudian dilanjut dari KM 72 sampai dengan KM 47 contraflow dua lajur dan dilanjut sampai ke KM 36 contraflow satu lajur," tambahnya.

Sementara itu, Kakorlantas mengimbau bagi masyarakat yang akan menuju Bandung disediakan akses dua lajur melalui Tol Cikampek yang nanti akan keluar melalui Tol Cikopo, sedangkan bagi nasyarakat yang menuju Jawa Tengah dapat masuk melalui KM 190 Plumbon.

"Kita sudah persiapkan para pengemudi atau masyarakat yang akan melalui tol ke Bandung kita masih buka akses dua lajur, dari Tol Cikampek keluar di Tol Cikopo, kalau yang akan ke Jawa Tengah kemudian masuk kembali di KM 190 Plumbon, di Plumbon Silakan masuk kembali melalui tol sampai dengan ke Jawa Tengah," jelas Irjen Pol Aan.

Selain itu, ia juga berpesan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan balik diminta untuk berhati - hati dan mengikuti arahan petugas yang ada di lapangan.

"Harap berhati-hati untuk para pemudik yang akan kembali silakan ikuti arahan petugas jangan berhenti di bahu jalan apabila lelah silahkan masuk ke rest area atau keluar tol mencari rest area yang ada di luar sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas yang ada," tutup dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement