Ahad 31 Dec 2023 08:01 WIB

Malam Tahun Baru, Masyarakat Diimbau Gunakan Transportasi Publik

Rekayasa lalu lintas dilakukan mengingat akan ada kegiatan parade Jakarnaval .

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda
Selama malam tahun baru akan diberlakukan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Selama malam tahun baru akan diberlakukan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat yang hendak hadir dalam perayaan Malam Tahun Baru 2024 bertema “Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global” di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, Ahad (31/12/2023), diimbau menggunakan transportasi publik. 

Hal ini karena selama rangkaian acara akan diberlakukan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman mulai pukul 19.00-01.00 WIB. Namun, hal ini dikecualikan khusus untuk parade mobil hias Jakarnaval dan petugas pengatur lalu lintas.

Baca Juga

"Untuk masyarakat kita sarankan menggunakan transportasi publik dalam hal ini Transjakarta karena Transjakarta akan support selalu beroperasi sampai jam 2 pagi," ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Puji Hastuti saat dihubungi Republika, Jumat (29/12/2023).

Puji juga menyarankan agar masyarakat hadir sebelum pukul 19.00 WIB atau dimulainya rangkaian acara Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global. Sebab, akses masuk kendaraan di sekitar lokasi akan ditutup pada pukul 19.00 WIB seiring dengan rekayasa lalu lintas di wilayah tersebut.

Meski begitu, Pemerintah provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan kantong-kantong parkir di sejumlah titik bagi masyarakat yang membawa kendaraan pribadi. "Untuk informasi rekayasa lalu lintas ini akan dishare di medsos, juga terkait kantong-kantong parkir, aktivasi transportasi sampai jam berapa itu akan selalu kami update juga terkait kegiatan ini kami tampilkan di LED seluruh Jakarta," ujar Puji. 

Puji menjelaskan, rekayasa lalu lintas dilakukan mengingat akan ada kegiatan parade Jakarnaval yang akan menempuh jarak 7,1 kilometer dimulai dari Patung Kuda di Silang Monas hingga FX Sudirman. Parade Jakarnaval  berisi 10 kendaraan hias bertema karakter berbasis kekayaan intelektual Indonesia seperti Si Unyil, Si Juki ini akan dimulai di titik awal pada pukul 21.30 WIB dan diperkirakan tiba di titik akhir pada pukul 23.00 Wib. 

"Untuk Jakarnaval ini akan dilengkapi penari dan drumband di depannya, masyarakat juga bisa foto-foto tanpa harus mengikuti dari titik awal hingga titik akhir tetapi di spot-spot yang dilewati," ujar Puji.

Selain itu, untuk menyediakan makanan dan minuman bagi masyarakat, Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng banyak UMKM untuk kegiatan bazar di titik-titik lokasi tertentu. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kehausan atau kelaparan selama malam pergantian tahun.

"Kemudian kita juga meminta dukungan hotel sepanjang jalan Thamrin-Sudirman untuk penyiapan menjual makanan minuman di area hotel dan juga dengan kerja sama midnight sale dengan mal-mal dekat lokasi," ujarnya. 

Puji juga menyebut Pemprov DKI menggandeng Polda Metro Jaya dan jajaran dalam pengamanan kegiatan Malam Mudi Jakarta Global. Akan ada dukungan personel dalam menjaga keamanan di titik-titik strategis.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada penempatan personel di titik-titik yang memang strategis. Jadi jangan khawatir kegiatan ini sudah dipertimbangkan keamanannya tetapi kami imbau masyarakat juga tetap hati-hati dan mawas diri," ujar Puji. 

Ada beberapa segmen dalam kegiatan Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global yakni Gemilang Silang Monas yang berisi video maping dengan medianya bangunan Monas tersebut dan konten-konten menarik juga disiapkan.

Segmen kedua, ada Jakarnaval yang menampilkan parade 10 kendaraan hias bertema karakter berbasis kekayaan intelektual Indonesia seperti Si Unyil, Gatot Kaca dan lainnya. Nantinya Jakarnaval ini akan berangkat dari patung kuda Silang Monas dan berhenti di FX Sudirman. Nanti masyarakat juga bisa dibolehkan melakukan foto-foto dengan mobil hias itu.

Sedangkan segmen ketiga adalah panggung hiburan dengan yang utama di bundaran HI Untuk panggung utama di Bundaran HI nanti akan tampil artis ibu kota ada Titiek Puspa, Cakra Khan dan lainnya.

Segmen keempat ada Kirana Jakarta dengan berbagai atraksi mulai dengan menerbangkan 500 drone show dan akan membentuk delapan konfigurasi mulai Gatot Kaca, Jakarta untuk Indonesia, Happy New Year, dan lainnya. Kemudian ada atraksi water mist di area Bundaran HI, video mapping gedung The Plaza, dan kembang api di Wisma Nusantara.

Segmen berikutnya adalah panggung-panggung di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman ditambah dengan kehadiran bazar UMKM makanan dan minuman di sirip-sirip jalan. Puji menyebut pada perayaan Tahun Baru kali ini tidak terpusat di satu titik tetapi berbagai titik sebagai persembahan Pemprov DKI ke masyarakat agar bisa merayakan malam pergantian tahun dengan kebahagiaan. Apalagi, seluruh acara tersebut tidak dipungut biaya atau gratis.

"Sehingga kita berharap masyarakat happy pada tanggal 31 Desember menyambut tahun 2024. Masyarakat bisa hadir sebelum pukul 19.00 Wib karena panggung dimulai dari jam 19.00 Wib di sepanjang jalan Thamrin Sudirman," kata Puji.

Diinformasikan, tema pada perayaan Tahun Baru di Jakarta kali ini ingin menampilkan Jakarta sebagai kota global yang kreatif, dan melibatkan berbagai pihak. Ia mencontohkan pada Jakarnaval yang menampilkan parade kendaraan hias dengan konsep Intellectual Property (IP) lokal dengan menawarkan kerja sama dengan UMKM untuk menjual merchandise.

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga menggandeng anak-anak sekolah dalam parade tarian. Sehingga kegiatan MTB tak terkesan hanya hura-hura, tetapi melibatkan berbagai stakeholders termasuk UMKM. Adapun narasi dibangun dalam kegiatan ini bagaimana mempersiapkan untuk Jakarta menjadi kota global kota kreatif dan melibatkan berbagai pihak.

Dipastikan, pada perayaan Tahun Baru di Jakarta ini berbeda dengan perayaan sebelum-sebelumnya, di antaranya drone show yang menampilkan delapan konfigurasi, video mapping hingga water mist. Sajian ini akan disatukan dengan pertunjukan musik dengan menggandeng banyak musisi.

Karena itu, drone show 500 ini jarang terjadi dan ini dengan format baru karena menyatukan semuanya. Kemudian nanti panggung utama juga ada satu konsep ada regenerasi musisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement