Sabtu 30 Dec 2023 13:00 WIB

Malam Tahun Baru di Jakarta Saja, Ada 12 Panggung Hiburan Hingga Parade Jakarnaval

Seluruh acara panggung di Jakarta tidak dipungut biaya atau gratis.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda
Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global akan ada 12 panggung hiburan. (ilustrasi)
Foto: Dok. Freepik
Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global akan ada 12 panggung hiburan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat di DKI Jakarta dan sekitarnya yang ingin merayakan pergantian tahun 2023 menuju 2024 tidak perlu risau. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan beragam pilihan acara yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi masyarakat dalam memeriahkan pergantian malam Tahun Baru 2024.

Beragam pilihan acara di antaranya panggung musik, parade karnaval, pemutaran video, drone show, pesta kembang api dan lainnya. Acara yang dikemas dengan tema Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global ini akan ada 12 panggung hiburan berbagai genre musik, dengan panggung utama di Bundaran HI dan panggung lainnya di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dengan titik ujung di FX Sudirman. 

Baca Juga

Kemudian terdapat juga parade Jakarnaval, drone show, watermist show, Bazar Kuliner UMKM, Late Night Shopping hingga drumband. "Kegiatan Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global ini adalah persembahan Pemprov DKI dalam rangkaian Malam Tahun Baru untuk masyarakat khususnya warga Jakarta dan umumnya masyarakat Indonesia yang mau ke Jakarta. Jadi Malam Tahun Baru di Jakarta saja," ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Puji Hastuti saat dihubungi Republika, Jumat (29/12/2023). 

Puji menjelaskan, ada beberapa segmen dalam kegiatan Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global yakni Gemilang Silang Monas yang berisi video maping dengan medianya bangunan Monas tersebut dan konten-konten menarik juga disiapkan.

Segmen kedua, ada Jakarnaval yang menampilkan parade 10 kendaraan hias bertema karakter berbasis kekayaan intelektual Indonesia seperti Si Unyil, Gatot Kaca dan lainnya. Nantinya Jakarnaval ini akan berangkat dari patung kuda Silang Monas dan berhenti di FX Sudirman. Nanti masyarakat juga bisa dibolehkan melakukan foto-foto dengan mobil hias itu.

Sedangkan segmen ketiga adalah panggung hiburan dengan yang utama di bundaran HI. "Untuk panggung utama di Bundaran HI nanti akan tampil artis ibu kota ada Titiek Puspa, Cakra Khan, dan masih banyak lainnya, biar penasaran," ujarnya.

Segmen keempat ada Kirana Jakarta dengan berbagai atraksi mulai dengan menerbangkan 500 drone show dan akan membentuk delapan konfigurasi mulai Gatot Kaca, Jakarta untuk Indonesia, Happy New Year, dan lainnya. Kemudian ada atraksi water mist di area Bundaran HI, video mapping gedung The Plaza, dan kembang api di Wisma Nusantara.

Segmen berikutnya adalah panggung-panggung di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman ditambah dengan kehadiran bazar UMKM makanan dan minuman di sirip-sirip jalan.

Puji menyebut pada perayaan Tahun Baru kali ini tidak terpusat di satu titik tetapi berbagai titik sebagai persembahan Pemprov DKI ke masyarakat agar bisa merayakan malam pergantian tahun dengan kebahagiaan. Apalagi, seluruh acara tersebut tidak dipungut biaya atau gratis.

"Sehingga kita berharap masyarakat happy pada tanggal  31 Desember menyambut tahun 2024. Masyarakat bisa hadir sebelum pukul 19.00 Wib, karena panggung dimulai dari jam 19.00 Wib di sepanjang jalan Thamrin Sudirman," ujarnya.

Puji juga menyarankan masyarakat menggunakan transportasi publik mengingat selama acara akan diberlakukan bebas kendaraan di lokasi acara. Meski begitu, Pemerintah provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan kantong-kantong parkir di sejumlah titik bagi masyarakat yang membawa kendaraan pribadi. 

"Untuk masyarakat disarankan menggunakan transportasi publik, bisa pulangnya menggunakan Transjakarta karena akan beroperasi sampai jam 2 pagi," ujar Puji.

Creative Director dari Dinas Parekraf Pemrov DKI Jakarta Celerina Judisari menyebut, tema pada perayaan Tahun Baru di Jakarta kali ini ingin menampilkan Jakarta sebagai kota global yang kreatif, dan melibatkan berbagai pihak. Ia mencontohkan pada Jakarnaval yang menampilkan parade kendaraan hias dengan konsep intellectual property (IP) lokal dengan menawarkan kerja sama dengan UMKM untuk menjual merchandise.

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga menggandeng anak-anak sekolah dalam parade tarian.

Perayaan Tahun Baru di Jakarta ini berbeda dengan perayaan sebelum-sebelumnya, di antaranya drone show yang menampilkan delapan konfigurasi, video mapping hingga water mist. Sajian ini akan disatukan dengan pertunjukan musik dengan menggandeng banyak musisi.

Drone show 500 ini jarang terjadi dan ini dengan format baru karena menyatukan semuanya. Ada juga konser musik tribut untuk Titik Puspa bersama seniman-seniman.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement