Kamis 28 Dec 2023 12:08 WIB

Kronologi Surat Suara Pemilu 2024 di Taipei Tercoblos Duluan

KPU mengakui lalai dan menyatakan surat suara yang sudah tercoblos tidak sah.

Ketua KPU Hasyim Asyari memeriksa kondisi kardus berisi surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Denpasar, Bali, Rabu (13/12/2023). (ilustrasi)
Foto:

 

Manajer Program Perkumpulan Pemilu untuk Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil, menilai, kelalaian yang dilakukan PPLN Taipei adalah kecolongan besar bagi KPU. Fadli khawatir, kepercayaan publik kepada penyelenggaraan Pemilu 2024 akan menurun karena baru pada tahapan distribusi logistik Pemilu sudah menuai masalah.

"Kesalahan yang dilakukan  PPLN Taipei sangat mengagetkan karena ini kecolongan besar bagi KPU. Dan ini sangat mengkhawatirkan karena baru pada tahapan distribusi logistik, kontrol dan pengawasan KPU sangat longgar," kata Fadli, kepada Republika, Kamis (28/12/2023).

Fadli meminta KPU secara transparan dalam proses pengembalian surat suara yang sudah lebih dulu dikirimkan ke pemilih tersebut. Menurut Fadli, proses pengembalian administrasi yang menyatakan itu surat suara rusak juga harus dilakukan secara transparan. Bila tidak publik akan tidak percaya  terhadap pengelolaan dan manajemen logistik.

Fadli juga menyentil pimpinan KPU bersama rombongan kerap bolak balik ke luar negeri untuk memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada PPLN. Fadli merasa bimbingan teknis yang diberikan KPU tidak berdampak apa-apa karena baru pada tahapan distribusi logistik, PPLN sudah melakukan kesalahan.  

"Ini mengherankan juga sebab yang kami tahu KPU itu bolak-balik keluar negeri komisionernya dalam  rombongan besar itu melakukan bimtek terhadap PPLN. Kalau kualitas dan timeline kerja PPLN yang seperti itu mengherankan juga, artinya tidak berdampak bimtek yang diberikan KPU," ucap Fadli.

Fadli mengakui jumlah suara yang dikelola PPLN tidak sebesar suara di dalam negeri. Meskipun begitu, menurut Fadli, suara di luar negeri tetap akan diperhitungkan oleh para calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II yakni meliputi Jakarta Pusat, Jakarta selatan dan Luar Negeri.

photo
Daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024 - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement