Kamis 28 Dec 2023 06:24 WIB

Pertamina Kucurkan Bantuan Uang Tunai untuk Korban Bencana Limapuluh Kota

Kerugian akibat bencana banjir itu mencapai puluhan miliar rupiah.

Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar Narotama Aulia Fazri , saat menyerahkan bantuan uang tunai yang diterima Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo di Posko BPBD Limapuluh Kota, Pusat Kota Payakumbuh
Foto: Rilis
Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar Narotama Aulia Fazri , saat menyerahkan bantuan uang tunai yang diterima Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo di Posko BPBD Limapuluh Kota, Pusat Kota Payakumbuh

REPUBLIKA.CO.ID, LIMAPULUH KOTA -- Bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, sejak beberapa waktu terakhir, menggugah simpati banyak pihak. 

Tidak terkecuali BUMN Pertamina dan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas). Di sela-sela satgas monitoring ketersediaan BBM di SPBU-SPBU Wilayah Sumatra Barat, Pertamina menyerahkan bantuan uang tunai puluhan juta rupiah kepada Pemkab Limapuluh Kota.

“Atas nama keluarga besar PT Pertamina Patra Niaga dan Hiswana Migas, kami turut berduka pak Bupati,” kata Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar Narotama Aulia Fazri , saat menyerahkan bantuan uang tunai yang diterima Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo di Posko BPBD Limapuluh Kota, Pusat Kota Payakumbuh, Rabu (27/12/2023).

Selain Narotama, hadir dalam kegiatan ini Koordinator Pengaturan BBM BPH Migas Anwar Rofiq, SBM Pertamina Patra Niaga Rayon IV Sumbar Yudhistira, dan sejumlah pengurus Hiswana Migas Sumbar.

Menurut Narotama, sebelum menyerahkan bantuan uang tunai bersama BPH Migas, pihaknya sepekan lalu juga mengucurkan bantuan sembako di Tarantang, Kecamatan Harau.

“Sekalian melaporkan kepada pak Bupati dan semua instansi terkait di Limapuluh Kota, dalam beberapa hari ke depan kami juga akan kucurkan bantuan sembako untuk korban banjir di Pangkalan dan Kapur IX. Jadi ada tiga tahapan bantuan,” kata Narotama.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengaku terharu dengan kepedulian Pertamina, Hiswana Migas dan BPH Migas. Menurut Safaruddin, BUMN satu-satunya dan pertama yang membantu itu adalah Pertamina.

“Kalau kurang luas telapak tangan, ungkapan terimakasih ini kami terima dengan alam Luak Limopuluah,” kata Bupati pilihan rakyat itu.

Diakui Safaruddin, akibat bencana di Limapuluh Kota, kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah. Ada ribuan rumah warga terdampak. Termasuk rumah ibadah, kemudian lahan persawahan, perkebunan, hewan ternak warga.

“Di jalan Sumbar-Riau yang kemarin putus total, juga ada korban jiwa meninggal dunia satu orang. Ini sangat memukul kami,” kata Bupati.

Sementara itu, Koordinator BBM BPH Migas, Anwar Rofiq, mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas bencana di Limapuluh Kota. “Tadinya kami ada kegiatan monitoring, begitu dapat kabar bencana di Limapuluh Kota, kami langsung bergerak ke sini. Salam dari keluarga besar BPH Migas,” Kata Rofiq. 

sumber : Rilis
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement