Sabtu 23 Dec 2023 06:45 WIB

Soal Performa Debat Gibran, TKN Prabowo: Belimbing Sayur Ternyata Jadi Lezat

Nusron menyindir julukan Samsul yang disematkan Masinton ke Gibran.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran menyampaikan keterangan pers usai debat perdana cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).
Foto: Republika/Febryan A
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran menyampaikan keterangan pers usai debat perdana cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menilai, Gibran tampil baik, prima, dan penuh kejutan dalam debat perdana cawapres pada Jumat (22/12/2023) malam. Menurut TKN, performa debat Gibran itu mematahkan semua cemoohan yang dialamatkan kepadanya selama ini.

Sekretaris TKN, Nusron Wahid mengatakan, performa Gibran itu mematahkan cemooh 'belimbing sayur' yang ditujukan kepada Gibran karena dianggap takut debat. Dia menyebut, belimbing sayur itu telah berubah menjadi makanan yang lezat, dalam artian Gibran tampil cemerlang saat debat sehingga bisa dinikmati oleh publik.

Baca Juga

"Boleh kami katakan Alhamdulillah ternyata orang yang selama ini disebut dengan belimbing sayur, ternyata kalau belimbing sayur itu dibuat sambel dan dicampur dengan sayur asem   ternyata menjadi makanan yang lezat dan bisa dinikmati pada malam hari ini," kata Nusron usai debat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Nusron juga menyinggung julukan Samsul yang disematkan kepada Gibran. Istilah itu diutarakan pertama kali oleh politikus PDIP Masinton Pasaribu. Julukan itu merujuk kepada kesalahan Gibran menyebut asam folat menjadi asam sulfat yang merupakan zat berbahaya.

"Samsul pun bisa menikmati dengan baik akan sambal dari belimbing sayur tersebut," kata politikus Partai Golkar itu.

Nusron menambahkan, performa Gibran melampaui bapaknya, Presiden Jokowi. Sebab, Gibran tampil cemerlang seperti Jokowi dan menjelaskan sejumlah gagasan-gagasan baru. 

"Kami meyakini insya Allah dengan penampilan hari ini, debat ini kami meyakini yang menang adalah Mas Gibran," kata Nusron.

Dalam kesempatan sama, Prabowo Subianto mengaku bangga dengan performa Gibran. Dia memberikan nilai nyaris sempurna atas penampilan cawapres pendampingnya itu.

"Saya sangat bangga. Tadi saya katakan, kalau saya seorang guru yang memberi nilai pada ujian, saya beri nilai 9,9 (kepada Gibran)," ujar Prabowo saat konferensi pers usai debat.

Sebagai gambaran, Gibran memang tampil mengejutkan dalam debat perdana cawapres dengan tema ekonomi itu. Dia bisa menjawab hampir semua pertanyaan, bahkan dia sempat memberikan respons menohok kepada dua kompetitornya, Muhaimin dan Mahfud.

Performa Gibran itu seperti mematahkan anggapan selama ini bahwa pria berusia 36 tahun itu takut debat. Putra sulung Presiden Jokowi itu juga mematahkan anggapan bahwa dirinya irit bicara karena dianggap tak punya gagasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement