Senin 18 Dec 2023 13:58 WIB

Tol Pamulang-Cinere Beroperasi, dari Depok Sudah Bisa Tembus Bandara

Dengan pengoperasian tol Pamulang-Cinere, jadi dari Depok sudah bisa tembus Bandara.

Dua pekerja berada di gerbang tol Limo 2 tol Cinere - Jagorawi (Cijago) Seksi 3B kawasan Limo, Depok. Dengan pengoperasian tol Pamulang-Cinere, jadi dari Depok sudah bisa tembus Serpong.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Dua pekerja berada di gerbang tol Limo 2 tol Cinere - Jagorawi (Cijago) Seksi 3B kawasan Limo, Depok. Dengan pengoperasian tol Pamulang-Cinere, jadi dari Depok sudah bisa tembus Serpong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk., sebagai BUMN yang bergerak di bidang jalan tol, melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) mengungkapkan kehadiran ruas Tol Serpong-Cinere dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas atau lalin di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 khususnya pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dengan adanya ruas Tol Serpong-Cinere yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 dapat membantu dalam mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol JORR 1," ujar Direktur Utama CSJ Mirza Nurul Handayani di Tangerang Selatan, Banten, Senin.

Baca Juga

Mirza mengatakan, Ruas Tol Serpong-Cinere yang telah terkoneksi seluruhnya di dapat melengkapi jaringan jalan tol JORR 2 dan siap dioperasikan secara fungsional pada periode Natal-Tahun Baru.

Ruas tol Serpong-Cinere ini terintegrasi secara fungsional dengan Ruas Tol Cinere-Jagorawi yang dioperasikan oleh PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) non Jasa Marga di seksi Kukusan-Cinere.

Kondisi lalu lintas di Ruas Tol Serpong-Cinere dan Ruas Tol Cinere-Jagorawi masih di bawah V/C Ratio optimal yakni 0,8. Dengan adanya Ruas Tol Serpong-Cinere ini bisa menjadi ruas tol alternatif bagi warga dari arah Bogor yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melalui jalan tol JORR 2.

"Seperti kita ketahui dari arah Depok atau Bogor yang mau ke Bandara Soetta yang sebelumnya melalui Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota, saat ini bisa melewati Jalan Tol JORR 2 dengan menggunakan Ruas Tol Serpong-Cinere serta dipastikan lancar," kata Mirza.

Masyarakat bisa juga langsung mengakses Jalan Tol Jagorawi melalui Ruas Tol Serpong-Cinere yang terkoneksi dengan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago). Ruas Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi, di mana seksi 2 yang dimulai dari Pamulang hingga Cinere sepanjang 3,64.

Sedangkan untuk seksi 1 ruas tol tersebut dimulai dari Serpong ke Pamulang dengan panjang 6,5 km, dan sudah beroperasi sejak April 2021. Seksi 2 ruas tol ini telah mendapat surat keputusan terkait operasinya yang diterbitkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 3 Oktober 2023.

"Untuk seksi 2 tol Serpong Cinere sepanjang 3,64 km, Kami sudah menyiapkan pengoperasiannya bekerja sama dengan pengelola Tol Cinere-Jagorawi (Cijago)," kata Mirza.

Ruas Tol Serpong-Cinere merupakan bagian dari jaringan jalan tol JORR 2. Perlu diketahui, JORR II terbagi ke dalam enam ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng–Kunciran (14,19 km), Jalan Tol Kunciran–Serpong (11,14 km), Jalan Tol Serpong–Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cinere–Jagorawi (14,70 km), Jalan Tol Cimanggis–Cibitung (26,18 km), dan Jalan Tol Cibitung–Cilincing (34,78 km).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement