Ahad 17 Dec 2023 13:55 WIB

Jelang Libur Akhir Tahun, Zulhas Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Batam

Mendag Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok antisipasi jelang libur akhir tahun.

Rep: Joko Sadewo/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Mendag Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok antisipasi jelang libur akhir tahun.
Foto: Istimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Mendag Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok antisipasi jelang libur akhir tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau stok barang pokok (bapok) yang ada di Pasar Pagi Tos 3000 Batam, Kepulauan Riau. Zulhas mendapati harga cabai hingga ayam berada di harga yang murah.

Zulhas tiba di Pasar Pagi Tos 3000 sekitar pukul 07.30 WIB. Zulhas ditemani oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Apindo Batam. Kedatangan Zulhas pun disambut meriah oleh masyarakat yang hadir di pasar pagi ini.

Baca Juga

Zulhas yang juga Ketua Umum PAN ini menyempatkan diri menyapa masyarakat dan juga pedagang di sana. Zulhas mendatangi satu per satu pedagang mulai dari pedagang cabai hingga pedagang ayam.

Dalam tinjauannya di Pasar Pagi Tos 3000, Zulhas menemukan harga cabai hijau besar Rp 30 ribu per kg, sedangkan cabai keriting atau cabe merah besar berada di kisaran Rp 45 ribu-Rp 50 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 45 ribu per kg dan cabai rawit merah Rp 70 ribu-Rp 75 ribu per kg. Lalu bawang putih Rp 30 ribu per kg dan bawang merah Rp 35 ribu per kg

"Kalau kemarin (Cabai) Rp 120 ribu per kilo, sekarang rata-rata Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu, paling mahal Rp ribu. Ayam juga murah sekali tadi Rp 30 ribu untuk 1 kilo. Jadi di Batam ini semuanya harga di bawah rata-rata nasional,” tutur Zulhas saat tinjauan di Pasar Pagi Tos 3000, Ahad (17/12/2023).

Sebelumnya Zulhas juga melakukan tinjauan di Pasar Batuphat Timur, Lhokseumawe, Aceh. Dalam tinjauan itu, Zulhas juga mendapati harga bapok juga terjangkau dan murah.

“Kemarin saya juga tinjau pasar di Aceh, itu harganya murah juga. Jadi memang harga cabai itu di Sumatera ini murah sekali,” ungkap Zulhas.

Dalam kesempatan itu Zulhas juga memborong dagangan seperti cabai dan ayam. Barang dagangan yang diborong oleh Zulhas itu pun dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar pasar.

Selain meninjau harga di Pasar Pagi TOS 3000, Zulhas juga memastikan stok barang-barang pokok menjelang libur Natal dan Tahun baru aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement