Kamis 14 Dec 2023 09:10 WIB

Mahasiswa Cyber University Berpartisipasi Meriahkan Festival Kampus Merdeka 2023

Festival Kampus Merdeka 2023 jadi wadah bagi mahasiswa presentasikan capaian program.

Sebanyak tujuh mahasiswa Cyber University berpartisipasi dalam Festival Kampus Merdeka 2023.
Foto: Dok. Cyber University
Sebanyak tujuh mahasiswa Cyber University berpartisipasi dalam Festival Kampus Merdeka 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tujuh mahasiswa Cyber University berpartisipasi dalam Festival Kampus Merdeka 2023 yang berlangsung selama dua hari, pada 11-12 Desember 2023, di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Acara yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia ini, dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Cyber University Dr Ing Agus Trihandoyo mengatakan, Festival Kampus Merdeka 2023 menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil capaian dari program-program Kampus Merdeka yang telah dijalani selama satu tahun.

Baca Juga

"Sebagai upaya untuk memperluas wawasan dan memperdalam pengetahuan, acara ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berbagi pengalaman magang yang mereka jalani di luar kampus. Dan Cyber University sebagai Kampus Fintech Pertama di Indonesia, juga turut berpartisipasi dalam gelaran festival tersebut," jelas Agus, mengutip keterangan tertulis, Kamis (14/12/2023).

Selain itu, Festival Kampus Merdeka bukan hanya memamerkan hasil capaian, namun juga kesempatan membangun jaringan antara mahasiswa, industri, dan perguruan tinggi. Keikutsertaan mahasiswa Cyber University dalam acara ini diharapkan membawa dampak positif pada pengembangan keterampilan, koneksi profesional, dan pengalaman belajar mereka.

Cyber University sendiri, menurut Dr Agus, mempunyai model pembelajaran berbeda, dimana mahasiswa menjalani pembelajaran di kampus selama tiga tahun dan dilanjutkan dengan satu tahun magang, baik di mitra industri yang telah menjalin kerja sama langsung dengan Cyber University, maupun melalui program magang Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemdikbud Ristek.

"Sejak berdiri, Cyber University yang sebelumnya bernama BRI Institute ini telah menerapkan pembelajaran 3+1, di mana mahasiswa menjalani pembelajaran di kampus selama tiga tahun dan satu tahun pembelajaran di luar kampus dengan nama Company Learning Program (CLP)," jelasnya.

CLP sendiri merupakan program magang yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat dalam proyek-proyek inovatif dan mendapatkan pengalaman praktis di berbagai sektor industri. Melalui program ini, terbukti lulusan tahun 2022/2023 Cyber University 100 persen sudah bekerja sebelum mereka di wisuda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement