Sabtu 09 Dec 2023 12:40 WIB

Mahasiswa Cyber University Raih Juara 2 Business Plan Competition Imagepreneur

Business Plan Competition Imagepreneur merupakan kompetisi berskala nasional.

Mahasiswa Universitas Siber Indonesia atau Cyber University berhasil menjadi juara 2 dalam kompetisi Business Plan Competition Imagepreneur Series.
Foto: Dok. Cyber University
Mahasiswa Universitas Siber Indonesia atau Cyber University berhasil menjadi juara 2 dalam kompetisi Business Plan Competition Imagepreneur Series.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Universitas Siber Indonesia atau Cyber University berhasil menjadi juara 2 dalam kompetisi Business Plan Competition Imagepreneur Series, yang digelar oleh Universitas Pendidikan Indonesia, pada bulan November 2023 silam. Kompetisi ini diikuti berbagai kampus dengan skala nasional dengan tema 'Green Entrepeneurship: Building a Sustainable Business'. 

Hadirnya event ini bertujuan untuk memunculkan bibit entrepreneur dan ide bisnis yang mampu mengatasi permasalahan iklim dan ekonomi secara berkelanjutan. Kampus ternama yang mengikuti kompetisi dari seluruh Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), IPB University (IPB), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), masing-masing berhasil masuk ke tahap 10 besar. Salah satu kejutan datang dari kampus Cyber University yang dulunya bernama BRI Institute ini, di mana Tim Green Pigeons juga berhasil mencuri tempat di 10 besar.

Baca Juga

Tim Green Pigeons, yang terdiri dari Gregorius Peitra, Bagas Indra Safrilla, dan Desvika Elsa, berhasil memukau dewan juri dengan ide bisnis inovatif mereka, yakni Bank Sampah Digital 'W-Bank' berupa aplikasi mobile yang mengantarkan mereka meraih juara dua.

Gregorius Peitra, Ketua Tim Green Pigeons mengatakan, aplikasi mobile ini hadir sebagai media digitalisasi bank sampah, memungkinkan pengguna untuk menabung sampah dengan tagline yang kuat, 'Trash Can Be Money'. 

 

“Meskipun mengalami perjalanan sulit pada tahap seleksi awal, Tim Green Pigeons berhasil menyelesaikan lomba dengan meraih gelar juara kedua,” kata Peitra, dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/12/2023).

Pada sesi awarding, Tim Edibits dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) keluar sebagai juara 1, disusul oleh Tim Green Pigeons dari Cyber University sebagai juara 2, dan Sargaskin dari IPB University sebagai juara 3. Selain itu, Tim Pioneers dari Universitas Singaperbangsa Karawang mendapatkan hadiah apresiasi sebagai tim yang hadir secara offline.

"Tim kami awalnya mengalami kesulitan, tetapi kami bersyukur dapat memperkenalkan W-Bank kepada semua orang. Kami senang berhasil menyelesaikan lomba ini dengan gelar juara,” lanjutnya.

Sementara itu, Peitra berharap, dari acara ini para peserta dan juara dapat terus berinovasi dalam bidang Green Economy, memperkuat kesadaran akan pentingnya keberlanjutan, serta memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan negara. 

“Terutama di lingkungan kampus Cyber University sebagai Kampus Fintech Pertama di Indonesia, almamater saya. Saya ingin mengajak mahasiswa lain juga untuk selalu berinovasi,” tegas Peitra.

Sementara itu, Suparman Hi Lawu, sebagai Wakil Rektor II Cyber University menyampaikan harapannya bahwa prestasi dari Tim Green Pigeons menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dan berprestasi di kancah nasional meskipun berhadapan dengan kampus-kampus top di Indonesia. Kami juga berharap akan ada lebih banyak mahasiswa yang mampu mencapai prestasi serupa, meningkatkan kualitas diri, dan memberikan kontribusi berarti bagi lingkungan dan negara,” kata Suparman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement