Ahad 10 Dec 2023 09:54 WIB

Pembunuhan Empat Bocah Jagakarsa dan Kisah Titin Cium Bau Bangkai yang Dikira Tikus Mati

Panca terancam hukuman mati setelah membunuh empat anaknya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Teguh Firmansyah
Kondisi rumah lokasi pembunuhan Empat anak berinisial V (6 tahun),S (4 tahun), A (3 tahun) dan A (1 tahun) di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Foto: Republika/Febrian Fachri
Kondisi rumah lokasi pembunuhan Empat anak berinisial V (6 tahun),S (4 tahun), A (3 tahun) dan A (1 tahun) di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insiden pembunuhan empat anak di Jagakarsa menjadi berita paling tren selam sepekan. Tragedi menjadi salah satu kisah paling memilukan mengingat pembunuhan dilakukan oleh ayahnya sendiri, Panca.  

Mengingat kembali awal mulanya terbongkar kasus ini, berawal dari  tetangga yang rumahnya di sebelah rumah Panca, Titin (49 tahun). 

Baca Juga

Titin mengaku mencium bau busuk sejak Rabu pagi, tapi hanya bisa menyangka bau itu berasal dari tikus mati. "Pagi tadi saya cium kok ada bau kayak bangkai. Apa tikus jadi saya cari mungkin bangkai tikus. Tapi dicari nggak ketemu juga," jelas Titin. 

Kebingungan dengan sumber bau busuk, Titin kemudian melihat kumpulan lalat yang menghinggapi ventilasi kontrakan Panca. Kondisi ini yang menjadi awal kecurigaannya, karena ventilasi kontrakan PD menghadap langsung ke bagian depan rumah Titin. 

 

"Saya lihat kok ada lalat hijau yang nempel di situ (ventilasi). Apa sumbernya dari sana ya? (rumah kontrakan PD)," ujarnya.

Karena banyak keluhan warga terkait bau busuk dari rumah kontrakan Panca, Ketua RT Yakub kemudian berinisiatif untuk membuka kontrakan itu. Hal ini dilakukan karena tidak ada respons dari penghuni rumah saat warga mencoba memanggil-manggil Panca.

Rumah kontrakan Panca akhirnya dibuka paksa pada Rabu (6/12/2023) sore, sekitar pukul 15.00 WIB oleh Ketua RT. Saat pintu dibuka, ditemukan Panca Darmansyah tergelatak di kamar mandi dalam kondisi telanjang dengan beberapa luka karena mencoba bunuh diri. 

Sementara empat anaknya, ditemukan tak bernyawa dengan kondisi berjejer terlentang di atas kasur dan tubuh yang telah membusuk.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement