Jumat 08 Dec 2023 22:17 WIB

Peserta SNBT 2024 akan Berhadapan dengan Soal Isian, Seperti Apa Itu?

Peserta SNBT 2024 hadapi soal pilihan ganda, pilihan majemuk kompleks, dan isian.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di UGM, Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Tahun depan, peserta SNBT akan temukan soal isian.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di UGM, Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Tahun depan, peserta SNBT akan temukan soal isian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 peserta akan dihadapkan pada tiga model soal. Ketiga model soal itu, yakni soal pilihan ganda, soal pilihan majemuk kompleks, dan soal melengkapi rumpang atau soal isian.

Faktanya, masih banyak siswa yang bingung dengan maksud model ketiga itu. Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 memastikan soal itu sederhana dan bukan seperti soal esai.

Baca Juga

"Adik-adik tidak perlu khawatir. Ini adalah soal-soal isian sederhana, bukan dalam bentuk esai yang harus mengarang, harus kemudian membuat penulisan rumus, tidak seperti itu," kata Ketua Pelaksana SNPMB Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam Peluncuran SNPMB 2024 di Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Tjitjik menyebutkan, soal isian tersebut hanya berbentuk isian angka. Menurut dia, contoh soal isian itu sejatinya sudah dipaparkan di laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Teknis mengerjakan model soalnya sama dengan mengerjakan soal pilihan ganda.

 

Pada soal pilihan ganda, peserta memilih salah satu jawaban yang tersedia. Sementara itu, pada soal isian, peserta langsung mengisi jawabannya.

"Kalau pilihan ganda kan klik A, atau B, atau C kan. Kalau ini isi jawabanya yang definitif. Misal setelah menghitung jawabannya 8 ya tulis 8 begitu," tutur dia.

Dengan soal isian tersebut, lanjut Tjitjik, panitia hendak melihat kemampuan penalaran para peserta terhadap suatu soal.

Panitia SNPMB mengumumkan sejumlah ketentuan baru dalam pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak bisa mendaftar seleksi jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) manapun. Ketentuan itu juga berlaku terhadap peserta SNBT 2024 yang telah dinyatakan lulus dan daftar ulang.

“Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun,” ucap Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo dalam konferensi pers Peluncuran SNPMB 2024 di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement