Kamis 11 Jan 2024 22:24 WIB

Punya 16 Fakultas, Unpad Sediakan Kuota 8.456 Mahasiswa Baru 2024

Jalur mandiri Unpad di tahun 2024 tidak lagi menggunakan sistem ujian.

Peserta UTBK-SNBT 2023. Pada tahun ini, Unpad membuka penerimaan mahasiswa baru dari tiga jalur seleksi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Peserta UTBK-SNBT 2023. Pada tahun ini, Unpad membuka penerimaan mahasiswa baru dari tiga jalur seleksi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Padjajaran (Unpad) pada tahun ini menyediakan kuota penerimaan calon mahasiswa baru sebanyak 8.456 orang. Mahasiswa baru tersebar di 16 fakultas dan 72 program studi untuk strata S1 dan diploma (D4).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Arief S Kartasasmita mengatakan bahwa di tahun 2024 terjadi peningkatan jumlah kuota penerimaan mahasiswa dalam seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP). Angkanya ialah sebanyak 12,52 persen.

Baca Juga

"Memang kami tambah, karena kami akan memberikan perhatian khusus pada kalangan calon mahasiswa yang selama ini kurang mendapat perhatian di Unpad. Sebagai contoh difabel atau dari golongan masyarakat yang belum memiliki anggota keluarga yang pernah kuliah," katanya.

Prof Arief menjelaskan bahwa Unpad pada tahun ini membuka penerimaan mahasiswa baru dari tiga jalur seleksi.

 

Ketiganya adalah seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) minimal 20 persen, seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) minimal 30 persen, dan seleksi masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) maksimal 50 persen.

Lebih lanjut, Prof Arief mengatakan ada sejumlah perbedaan kebijakan pada seleksi masuk Unpad dibandingkan tahun sebelumnya. Pada jalur mandiri Unpad di tahun 2024 tidak lagi menggunakan sistem ujian, melainkan hanya menggunakan nilai SNBT.

"Jadi kalau dulu mau daftar seleksi masuk Unpad harus ujian lagi, sekarang murni menggunakan nilai SNBT, sehingga tidak perlu ujian dua kali. Ini yang berbeda dengan tahun lalu. Jadi mohon kalau mau ikut mandiri Unpad jangan sampai tidak ikut SNBT, karena kalau tidak nanti tidak bisa ikut mandiri Unpad," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement