Rabu 06 Dec 2023 23:29 WIB

Prakiraan Cuaca Sulut: Sebagian Besar Daerah Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 9 Desember 2023.

Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/2/2023).
Foto: Antara/Adwit B Pramono
Seorang pria mengamati gelombang tinggi di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara berpotensi cuaca ekstrem.

"Waspadai potensi hujan dengan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Rabu (6/12/2023).  

Baca Juga

Dia menyebutkan, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang dapat terjadi hingga 9 Desember mendatang. Karena itu, dia berharap, warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas di luar rumah pada saat cuaca ekstrem.  

"Waspadai bahaya banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang. BMKG terus memutakhirkan data dan informasi potensi cuaca ekstrem melalui kanal informasi yang tersedia," kata Ben.  

Pada 7 Desember, cuaca ekstrem diprediksi melanda Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Di hari berikutnya, Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara itu, cuaca ekstrem pada tanggal 9 Desember berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement