Senin 04 Dec 2023 16:07 WIB

BMKG Prediksi Cuaca Buruk Terjadi di Makassar 4-5 Desember 2023

Warga Makassar diperingatkan mewaspadai cuaca buruk 4-5 Desember.

Suasana gedung bertingkat saat awan hitam menggelanyut di langit kota Makassar, Sulawesi Selatan. BMKG IV Makassar mengeluarkan peringatan diri terkait cuaca buruk di kota itu.
Foto: ANTARA/Arnas Padda
Suasana gedung bertingkat saat awan hitam menggelanyut di langit kota Makassar, Sulawesi Selatan. BMKG IV Makassar mengeluarkan peringatan diri terkait cuaca buruk di kota itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan diri terkait cuaca buruk. Cuaca buruk diprediksi terjadi di Makassar pada 4-5 Desember 2023.

"Waspadai potensi terjadinya hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan, Rezky Yudha, Senin (4/12/2023).

Baca Juga

Hal tersebut berdasarkan surat yang dikeluarkan Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet dengan nomor: e.B/ME.02.04/206/KBB4/XII/2023 perihal peringatan dini waspada kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan curah hujan tinggi pada dasarian I per 3 Desember 2023 ditujukan kepada gubernur karena potensi curah hujan tinggi. Berdasarkan prakiraan berbasis dampak tanggal 3-4 Desember 2023, terdapat potensi dampak hujan sedang lebat dengan status waspada di sebagian wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat. 

Untuk informasi lebih detail terkait prakiraan berbasis dampak hingga skala kecamatan dapat diperiksa di tautan https://signature.bmkg.go.id. Sementara itu untuk skala waktu sepekan ke depan hingga 7 Desember 2023. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat berpotensi terjadi di sebagian wilayah provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Maluku Utara.

 

Selanjutnya, potensi curah hujan tinggi tersebut dapat menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti potensi longsor, banjir bandang, banjir dan genangan pada dataran rendah di kawasan perumahan maupun lahan pertanian/perkebunan, dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian/perkebunan. Sedangkan potensi curah hujan rendah, yaitu kurang dari 50 mm per dasarian berpeluang terjadi pada kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Utara bagian utara, sebagian kecil pesisir selatan Sulbar, Sulsel bagian timur, Sulteng bagian timur dan tengah, sebagian kecil Sultra bagian barat, dan Pulau Seram bagian barat di Maluku. 

Kondisi curah hujan rendah ini dapat mengakibatkan peningkatan peluang terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau kekeringan lahan pertanian. Sehubungan dengan hal tersebut, kiranya informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kedua kondisi tersebut.

Apabila memerlukan informasi lebih rinci terkait dengan informasi iklim, prakiraan cuaca dan peringatan dini, dapat menghubungi Kantor Unit Pelaksana Teknis BMKG terdekat. Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat memasuki Desember 2023 sampai awal tahun 2024 curah hujan akan semakin tinggi disertai kondisi ekstrem.

"Jadi ini salah satu tanda dari perubahan iklim adalah semua ekstrem, angin datang ekstrem, hujan ekstrem, petir ekstrem dan kemarau juga ekstrem. Sehingga, semuanya bersiap dengan cara adaptasi kalau hujan dengan skala ekstrem," kata pria disapa akrab Danny Pomanto ini.

"Tentunya, di cuaca ekstrem ini kita harus selamatkan keluarga, anak kecil, orang tua yang rentan. Lalu listrik (diperhatikan), dan bahan makanan pokok kita siapkan di rumah. Sebaiknya kalau cuaca ekstrem lebih baik berada di dalam ruangan karena petir rawan sekali," kata dia.

Mengenai dengan insiden pohon tumbang yang sangat rentan terjadi saat cuaca ekstrem, Danny menjelaskan bahwa pohon-pohon tersebut bukan yang baru ditanam, melainkan rata-rata pohon krembesi atau sudah tua. Ia memerintahkan dinas terkait untuk memangkas atau sekaligus menebang pohon krembesi yang sudah tidak berfungsi.

 

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement