Rabu 29 Nov 2023 17:04 WIB

Mahasiswa Tunjukkan Kreativitas dan Kemampuan Wirausaha 

Entrepreneur Fair memberikan platform bagi mahasiswa mengaplikasikan pengetahuan.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto menjadi saksi kegiatan yang menginspirasi, Entrepreneur Fair, yang berlangsung pada Selasa 21 November 2023.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto menjadi saksi kegiatan yang menginspirasi, Entrepreneur Fair, yang berlangsung pada Selasa 21 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto menjadi saksi kegiatan yang menginspirasi, Entrepreneur Fair, yang berlangsung pada Selasa 21 November 2023. Sebanyak 13 kelompok mahasiswa dari berbagai jurusan dan tingkatan semester berpartisipasi dalam Entrepreneur Fair ini. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memenuhi tugas dari matakuliah entrepreneur, tetapi juga sebagai sarana nyata untuk melatih dan mengasah kemampuan wirausaha mahasiswa.

Joko Dwi Mulyanto sebagai Ketua Pelaksana sekaligus Koordinator BSI Career Center (BCC), Universitas BSI Purwokerto mengatakan tujuan utama dari Entrepreneur Fair ini adalah memberikan platform bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dan konsep-konsep yang mereka pelajari di dalam kelas. 

Baca Juga

"Kami ingin menciptakan pengalaman yang mendalam bagi mahasiswa, di mana mereka dapat menghadapi tantangan nyata dalam berwirausaha. Entrepreneur Fair ini menjadi wahana yang ideal untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan bisnis mereka," ujar Joko dalam keterangan tertulis, pada Rabu (29/11/2023). 

Ia juga menambahkan bahwa, setiap kelompok mahasiswa mempresentasikan ide bisnis mereka secara kreatif dan inovatif. Ide-ide tersebut mencakup berbagai sektor, mulai dari produk makanan dan minuman. Para peserta Entrepreneur Fair berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa pameran, bertanya tentang konsep bisnis, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

 

“Para dosen dan praktisi bisnis dari Universitas BSI juga turut serta sebagai juri, menilai presentasi dan konsep bisnis dari setiap kelompok. Ini memberikan pengalaman nyata yang dapat membantu mahasiswa memahami proses evaluasi bisnis dari sudut pandang professional,” katanya. 

Sementara itu, salah satu peserta Entrepreneur Fair Yulia mahasiswa semester 1 dari Jurusan Sistem Informasi, mengatakan Entrepreneur Fair di Universitas BSI kampus Purwokerto bukan hanya memberikan nilai akademis, tetapi juga menjadi landasan bagi mahasiswa untuk membangun jiwa wirausaha mereka. Melalui pengalaman ini, diharapkan mahasiswa akan semakin siap menghadapi dunia bisnis yang kompetitif dan dinamis setelah lulus.

"Ini adalah kesempatan luar biasa bagi kami untuk menguji ide bisnis kami dalam dunia nyata. Kami belajar banyak tentang bagaimana mengkomunikasikan nilai bisnis kami dan bagaimana mengatasi tantangan yang mungkin muncul," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement