Senin 27 Nov 2023 18:01 WIB

Kunjungi Kodam II Sriwijaya, Komisi I Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Pertemuan berlangsung di markas Korem 043 Garuda Hitam Lampung.

Tim kunjungan kerja spesifik Komisi I meninjau Kodam II Sriwijaya.
Foto: istimewa
Tim kunjungan kerja spesifik Komisi I meninjau Kodam II Sriwijaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim kunjungan kerja spesifik Komisi I meninjau Kodam II Sriwijaya. Tujuannya ingin melihat kesiapan Kodam II Sriwijaya dalam rangka turut membantu mensukseskan pelaksanaan pengamanan pemilu 2024.

Pertemuan yang berlangsung di markas Korem 043 Garuda Hitam Lampung, dihadiri juga oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dimana dalam waktu bersamaan Gubernur menerima "Briget kehormatan" yang disematkan langsung oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil.

Baca Juga

Dalam paparannya,  Pangdam II Sriwijaya menyampaikan, pihaknya sudah melaporkan apa yang dilakukan terkait dengan antisipasi terhadap kerawanan pemilu tahun 2024 mendatang.

"kita sudah memetakan potensi kerawanan sosial yang mungkin terjadi di wilayah kami, dimana daerah yang potensi kerawanan tinggi, dimana yang kerawanan sedang," katanya dalam siaran persnya, Senin (27/11/2023).

Pangdam menjelaskan, Kodam II Sriwijaya juga telah membangun koordinasi dengan Pemerintah Daerah, Polda serta tokoh-tokoh yang ada di wilayah kerja Kodam II Sriwijaya, dan untuk membangun kondusifitas "Kami juga melakukan giat sosialisasi di kampus-kampus yang ada", jelas Pangdam.

Di sisi lain, Andi menyampaikan bahwa peran serta masyarakat luas sangat dibutuhkan untuk bisa memastikan bahwa perhelatan pesta demokrasi 2024 bisa berjalan lancar, damai dan tanpa hambatan berarti. Pemilu itu pesta, maka harus riang gembira, kata Andi Najmi yang juga anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa, di Lampung, Senin (27/11/2023). 

Saat beberapa anggota Komisi I menanyakan kesiapan anggaran, "Berapa pun yang dialokasikan oleh negara kami harus siap, sarana dan prasarana yang ada akan kami optimalkan dalam pelaksanaan mendukung pengamanan pemilihan umum 2024," ujar Pangdam.

Sementara Andi Najmi menegaskan kembali bahwa, tugas-tugas TNI sebagai komponen bantuan dalam pengamanan pemilu, harus didukung dengan kecukupan anggaran, ini soal serius. "Maka pak  Gubernur harus membantu kebutuhan kebutuhan Kodam II Sriwijaya yang belum dicover," kata dia.

Kunjungan kerja spesifik komisi I DPR-RI ke wilayah Kodam II Sriwijaya kali ini dipimpin Bobby Adhityo Rizaldi (Golkar) dan diikuti beberapa anggota, diantaranya Irmadi Lubis, Hasbi Ansori, Mukhlis Basri, Rudianto Tjen, keempatnya dari PDIP, dan Topan Maulana (Golkar). Pada akhir kunjungan kerja spesifik komisi I DPR RI, dilakukan ramah tamah dan sesi foto bersama dengan seluruh jajaran Kodam II Sriwijaya, serta rombongan Komisi I lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement