Jumat 24 Nov 2023 21:55 WIB

Wapres: RI Apresiasi Pembukaan Koridor Laut Yunani untuk Distribusi Bantuan Gaza

Uskup Ieronymos II mendorong bantuan kemanusian segera disalurkan ke Gaza.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam keterangan persnya usai menemui Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena, Yunani, Jumat (24/11/2023).
Foto:

Menurut dia, Uskup Ieronymos II memiliki kelompok gereja Ortodoks yang berbeda dengan Vatikan. Sehingga, Kiai Ma'ruf berharap, kelompok tersebut  turut berperan aktif dalam membangun toleransi dan kedamaian di seluruh penjuru dunia.

"Kita ingin punya kesamaan di dalam rangka membangun toleransi dan kedamaian, kita ingin ajaran-ajaran agama itu menjadi solusi kemanusiaan terutama di masa konflik," ujar Kiai Ma'ruf.

Pada saat bersamaan, Uskup Ieronymos II juga menanggapi harapan Pemerintah Indonesia untuk mendukung penyelesaian berbagai konflik di dunia. Uskup Ieronymos II sepakat pesan dari pertemuan tersebut adalah menentang adanya perang.

"Khususnya perang harus dihentikan dan diskusi, negosiasi harus segera dimulai untuk penyelesaian konflik. Kedua, kami mengutuk penyanderaan, penculikan dan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil tak berdosa dan khususnya anak-anak," ujar Uskup Ieronymos II.

Uskup Ieronymos II juga mendorong akses dibuka dan bantuan kemanusian segera disalurkan. Begitu juga negosiasi serta musyawarah harus segera dimulai untuk penyelesaian masalah lebih permanen di Israel-Palestina.

Dia setuju peran para pemimpin agama untuk mendorong seluruh pihak mewujudkan solusi damai terhadap berbagai konflik di dunia. "Harus ada upaya terus-menerus dari kita, para penganut agama dan para pemimpin politik untuk memfasilitasi solusi damai terhadap masalah-masalah seperti ini," kata Uskup Ieronymos II.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement