Jumat 24 Nov 2023 21:55 WIB

Wapres: RI Apresiasi Pembukaan Koridor Laut Yunani untuk Distribusi Bantuan Gaza

Uskup Ieronymos II mendorong bantuan kemanusian segera disalurkan ke Gaza.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam keterangan persnya usai menemui Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena, Yunani, Jumat (24/11/2023).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dalam keterangan persnya usai menemui Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena, Yunani, Jumat (24/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan Fauziah Mursid dari Athena, Yunani

 

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mewakili Pemerintah Republik Indonesia (RI) mengapresiasi langkah Yunani yang turut membuka koridor laut di wilayahnya untuk menjadi jalur distribusi bantuan ke Jalur Gaza, Palestina. Dengan pembukaan koridor maritim Yunani tersebut, memudahkan Siprus yang siap menyediakan pelabuhan Larnaca untuk penyaluran bantuan ke Gaza.

"Ya masalah Gaza, saya kira sama mereka. Bahkan kita sudah menyampaikan juga apresiasi terhadap pembukaan koridor laut ya yang untuk bantuan bantuan yang digagas oleh Siprus, itu Yunani memberikan jalan untuk masuk ke sana," ujar Kiai Ma'ruf saat bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis di Maximos Mansion, Athena, Yunani, Jumat (24/11/2023).

Menurut dia, PM Yunani juga menyampaikan pandangan serupa terkait disepakatinya kembali 'Solusi Dua Negara' antara Israel-Palestina. "Dan beliau juga sama punya pandangan yang sama untuk Israel-Palestina, Two State of Solution dan beliau juga akan terus melakukan komunikasi dengan pihak OKI ya, jadi sama," ujar Kiai Ma'ruf.

Dia meyakini, dorongan seluruh dunia terhadap berakhirnya konflik Israel-Palestina akan memberikan pengaruh nyata terhadap solusi permanen kedua pihak. Untuk itu, Kiai Ma'ruf mengajak seluruh negara terus mendorong penyelesaian permanen konflik Israel-Palestina.

"Karena itu, kalau seluruh dunia ini. Saya bilang, kita serius kalau Indonesia, bahkan Presiden (Jokowi) sudah menemui Joe Biden di Amerika untuk minta Amerika Serikat mengambil peran, untuk beliau sama sama (mendorong penyelesaian konflik)," ujar Kiai Ma'ruf.

Sementara itu, ia menyampaikan, harapan tinggi digaungkan Pemerintah RI kepada seluruh pihak secara global untuk mewujudkan perdamaian di belahan dunia. Peran aktif pemimpin maupun tokoh seluruh agama di dunia juga dinilai penting dalam upaya mewujudkan perdamaian, terutama meredam berbagai eskalasi konflik yang masih terjadi.

Kiai Ma'ruf pun beberapa kali menekankan perlunya peran aktif para pemimpin agama untuk mendorong penyelesaian konflik. Hal itu terjadi di tengah memanasnya situasi global akibat perang yang berkecamuk di beberapa negara, termasuk di Palestina.

"Saya ingin mendorong supaya peran tokoh agama lebih dikuatkan lagi dalam ikut membangun perdamaian di berbagai wilayah yang masih konflik. Kan dunia ini sedang tidak baik-baik saja, maka dari itu tokoh-tokog agama harus mengambil peran lebih," ujar Kiai Ma'ruf saat bertemu Uskup Agung Yunani Ieronymos II dan seluruh Yunani di Holy Archdiose of Athens, Athena, Yunani, Kamis (23/11/2023).

Dalam pertemuan itu, Kiai Ma'ruf secara khusus menyinggung konflik Israel-Palestina yang terus bergejolak dan menambah penderitaan rakyat di Gaza. Menurut dia, menyelesaikan konflik Israel-Palestina membutuhkan kontribusi global di antaranya dari para pemimpin agama.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut mengajak pemimpin Gereja Ortodoks di Yunani untuk mendorong penyelesaian permanen Israel-Palestina. Setelah sebelumnya, saat bertemu dengan Parlemen Yunani, Kiai Ma'ruf juga mendengungkan pesan yang serupa terkait upaya mengakhiri perang Israel-Palestina.

"Konflik ini bukanlah konflik agama, namun dibutuhkan kontribusi bersama termasuk dari pemimpin agama untuk penyelesaiannya," ujar Kiai Ma'ruf dalam pernyataannya di depan Uskup Agung Yunani

Ajak gerejak Ortodoks...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement