Kamis 04 Apr 2024 16:00 WIB

Wapres Harap KSAU Baru Lebih Paham Persoalan Kebangsaan dan Kenegaraan

Presiden Jokowi akan melantik Marsdya Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU, Jumat.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai KSAU ke-24.
Foto: Dok Kogabwilhan
Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai KSAU ke-24.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ke-24 di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2024). Dia menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang memasuki usia pensiun pada 9 April 2024.

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin berharap, Marsdya Tonny lebih paham apa yang harus dilakukannya dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adapun Tonny adalah mantan ajudan Presiden Jokowi dan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres).

Baca: Pidato Perpisahan KSAU: Pemimpin Kesatria tidak Lari Saat Hadapi Masalah

"Masalah Pak Tonny, kita harapkan beliau akan menjadi kepala staf yang sangat memahami persoalan kebangsaan dan kenegaraan," kata Wapres dalam keterangan pers di Hotel Four Points by Sheraton Manado, Jalan Piere Tendean, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulut, Kamis (4/4/2024).

 

Ma’ruf menilai, alumnus Akademi Angkatan Udara (AUU) 1993 tersebut memiliki rekam jejak penugasan lintas bidang yang tidak hanya mengampu jabatan di lingkup kemiliteran, tetapi juga pernah bertugas di lingkaran Istana. Selain itu, Tonny juga merupakan penerbang pesawat tempur F-16 dan Sukhoi.

Baca: Keponakan SBY Sekaligus Danbrigif 18/Trisula Kini Sandang Pangkat Kolonel

"Beliau juga tentu lebih tahu persoalan-persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang tidak saja teknis secara keangkatan-udaraan, tapi juga masalah-masalah lain, ngerti politik, ngerti permasalahan situasi," ujar Ma’ruf.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement