Jumat 24 Nov 2023 14:29 WIB

Desa Wisata Akebay, Pulau Maitara Masuk  75 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa yang memiliki prestasi.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata, Indra Ni Tua saat mengunjungi Wisata Akebay.
Foto: dok. Republika
Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata, Indra Ni Tua saat mengunjungi Wisata Akebay.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA TIDORE KEPULAUAN -- Sebelumnya Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengumumkan 75 Desa Wisata Terbaik yang masuk ADWI 2023 dari total 4.573 desa wisata yang mendaftar. Pengumuman ini berdasarkan kurasi yang dilakukan oleh dewan juri, dan dari 75 desa wisata di Tanah Air yang terpilih, salah satunya dari Provinsi Maluku Utara adalah Desa Akebay Maitara.

"Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa yang memiliki prestasi," kata Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata, Indra Ni Tua saat mengunjungi Wisata Akebay dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (24/11/2023).

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut, menyampaikan, selamat datang kepada Tim Penilai Desa Wisata dari Kementerian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Kota Tidore Kepulauan.

"Pulau Maitara yang menjadi icon uang seribu rupiah, pulau kecil dengan keindahan alamnya perpaduan dengan pemandangan laut dan bukit Maitara, yang mengantarkan Desa Maitara masuk 75 desa nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia," kata Ali Ibrahim

 

Wali Kota dua periode ini menambahkan, peninjauan hari ini adalah kesempatan untuk Kota Tidore Kepulauan terutama Desa Maitara untuk membuktikan bahwa Desa Maitara mampu bersaing dengan desa-desa se Indonesia.

"Selain keindahan alamnya, Pulau Maitara juga memiliki keragaman budaya dan adat istiadatnya yang masih sangat dijunjung tinggi oleh Masyarakat,"ungkapnya.

Untuk itu, kata Ali,  kepada Tim penilai agar selama menjalankan penilaian di Desa Maitara, selalu merasa aman dan nyaman di Kota Tidore Kepulauan. "Selamat menjalankan tugas semoga penilaian ini akan memberikan sentuhan yang positif serta berikan masukkan agar menjadi yang lebih baik, semoga tahun 2023 ini, kami bisa menjadi juara ADWI yang akan memotivasi kami untuk terus tetap mengembangkan desa wisata berkualitas dan berkelas dunia," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement