Rabu 22 Nov 2023 18:42 WIB

KPU akan Gelar Empat Kali Debat Capres-Cawapres di Luar Jakarta

KPU akan gelar lima kali debat capres-cawapres, empat jadwal debat di luar Jakarta.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar acara debat capres dan cawapres Pilpres 2024 sebanyak lima kali. Empat di antaranya hendak digelar di sejumlah daerah di luar Jakarta.

"Kami punya rencana nanti satu (debat) di Jakarta. Empat (debat) kalau bisa di luar Jakarta biar diputar, mulai dari ujung Indonesia barat, tengah, seperti itu," kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga

Terkait waktu penyelenggaraanya, Mellaz menyebut kemungkinan dua kali debat digelar pada Desember 2024. Tiga sisanya digelar pada Januari dan Februari 2024.

Lima kali debat itu, kata dia, terdiri atas tiga kali debat antar capres dan dua kali debat antar cawapres. "Jadi nanti selang-seling tuh, debat capres lalu cawapres, capres lalu cawapres dengan tema yang berbeda-beda," ujarnya.

Terkait tema debat, Mellaz menyebut pihaknya kini masih masih dalam proses penentuan. Dalam kesempatan sebelumnya, Komisioner KPU RI Mochamad Afifuddin mengatakan, isu lingkungan kemungkinan besar akan menjadi salah satu tema dalam debat kandidat capres dan cawapres Pilpres 2024. 

"Belum kita ambil keputusan, tapi 99,99 persen isu lingkungan hidup akan masuk menjadi salah satu isu yang diprioritaskan sebagai pokok bahasan dalam salah satu tema debat," kata Afif dalam seminar publik yang digelar CSIS di Jakarta, Kamis (2/11/2023). 

Dia menjelaskan, ketika nanti KPU telah menetapkan isu lingkungan sebagai salah satu tema debat, maka tim pakar akan merumuskan permasalahan-permasalahan seputar lingkungan hidup. Permasalahan tersebut bakal dilontarkan ketika debat agar para kandidat bisa menyampaikan gagasannya terkait lingkungan. 

 

photo
Peta koalisi usai Partai Demokrat menyatakan mendukung Prabowo Subianto. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement