Jumat 17 Nov 2023 17:09 WIB

MAKI: Firli Jadikan Kasus Harun Masiku untuk Minta Tolong Lepas dari Jerat Hukum

Firli memanfaatkan situasi politik untuk mencari cara menyelamatkan diri.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Ketua KPK Firli Bahuri bersiap menyampaikan konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/11/2023). KPK menetapkan Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso beserta lima orang lainnya yang terjaring OTT menjadi tersangka kasus dugaan suap terkait pengondisian temuan laporan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk wilayah Provinsi Papua Barat Daya Tahun Anggaran 2023. Pada OTT tersebut KPK mengamankan uang sekitar Rp 940 juta dan satu jam tangan merek Rolex.
Foto:

Harun Masiku sampai saat ini, memang belum berhasil ditangkap KPK. Padahal status buronnya sudah sejak Januari 2020. Pencarian untuk menangkap Harun Masiku, pun turut melibatkan interpol karena sejak Juli 2021 nama politikus PDI Perjuangan itu masuk dalam red notice kepolisian internasional.

Sementara kasus korupsi yang melibatkan Harun Masiku, sudah mengadili inkrah sejumlah pihak yang terlibat dalam pemberian suap kepada Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2020 tersebut.

Adapun kasus yang menyeret Firli sebagai objek penyidikan, terkait dengan dugaan pemerasan dan dugaan penerimaan gratifikasi terkait dengan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Polda Metro Jaya sudah dua kali memeriksa Firli lantaran diduga melakukan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Diduga menerima gratifikasi terkait dengan keberadaan rumah yang dibayar pihak lain, namun dalam pemanfaatan pribadi Firli. Adapun di KPK penyidikan kasus korupsi di Kementan, sudah menetapkan Yasin Limpo sebagai tersangka.

photo
Harun Masiku hingga kini masih buron. - (Republika)

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement