Kamis 16 Nov 2023 18:26 WIB

Siapkan Dana Abadi Kebudayaan, Prabowo-Gibran Didukung Seniman Bantengan Jatim

Program itu merupakan bentuk keseriusan Prabowo-Gibran dalam melestarikan kebudayaan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ratusan seniman bantengan Jawa Timur (Jatim) menggelar deklarasi mendukung Prabowo-Gibran di Balai Pertemuan Junrejo, Kota Batu, Kamis (16/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Ratusan seniman bantengan Jawa Timur (Jatim) menggelar deklarasi mendukung Prabowo-Gibran di Balai Pertemuan Junrejo, Kota Batu, Kamis (16/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka komitmen menyejahterakan seniman melalui dana abadi kebudayaan. Dengan gagasan tersebut, duet Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan kuat dari ratusan seniman bantengan Jawa Timur (Jatim) pada Pilpres 2024.

Koordinator Kelompok Seniman Bantengan, Ilham Bintang mengatakan, program dana abadi kebudayaan membuat para seniman memberikan dukungan terhadap duet Prabowo-Gibran. Duet lintas generasi tersebut mengangkat martabat seni bantengan menjadi seni tradisional yang tidak dipandang sebelah mata.

"Termasuk salah satunya yakni menyiapkan penyediaan dana abadi kebudayaan bagi para seniman di Tanah Air," kata Ilham dalam sambutannya di Balai Pertemuan Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jatim dalam siaran pers, Kamis (16/11/2023).

Program tersebut merupakan bentuk keseriusan Prabowo-Gibran dalam melestarikan kebudayaan Tanah Air. Pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut menjamin kesejahteraan para seniman. "Kehadiran program tersebut tentu akan semakin dapat menjamin pelestarian budaya Tanah Air berjalan secara berkelanjutan," ucap Ilha.

Dia menyebut, dana abadi kebudayaan juga tak hanya penting bagi para seniman, namun juga terdapat nilai religi dan sistem organisasi kemasyarakatan. Hal itu sangat menunjukkan komitmen Prabowo untuk memajukan bangsa Indonesia dengan melestarikan seni budaya.

"Dana abadi kebudayaan sangat penting karena tidak hanya terkait seni tari atau seni lain, tapi juga menyangkut sistem religi, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian, dan sistem teknologi dan peralatan kekayaan budaya Nusantara," ujar Ilham.

Sebelumnya ratusan Seniman Bantengan Jatim secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Deklarasi itu sebagai bentuk dukungan masyarakat terutama di kalangan seniman terhadap sosok pasangan capres dan cawapres dari KIM tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement