Rabu 15 Nov 2023 18:38 WIB

Ratusan Nelayan Pangandaran, Jabar Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Para nelayan menganggap, duet Prabowo-Gibran sebagai pemimpin harapan akar rumput.

Ratusan nelayan mengikuti acara Deklarasi Nelayan Jawa Barat untuk Prabowo-Gibran di Pangandaran, Rabu (15/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Ratusan nelayan mengikuti acara Deklarasi Nelayan Jawa Barat untuk Prabowo-Gibran di Pangandaran, Rabu (15/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka dinilai sebagai pemimpin harapan masyarakat akar rumput, termasuk para nelayan. Karena itu, ratusan nelayan memberikan dukungan kepada duet Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut dalam acara 'Deklarasi Nelayan Jawa Barat untuk Prabowo-Gibran' di Pangandaran, Rabu (15/11/2023).

Koordinator Deklarasi Nelayan Jawa Barat untuk Prabowo-Gibran, Lukmanul Hakim menyampaikan, Prabowo-Gibran menjawab keresahan para nelayan melalui program ekonomi biru di dalam Asta Cita. Adapun program tersebut dipercaya mampu menyejahterakan para nelayan di Jawa Barat dan Indonesia

"Dalam program Pak Prabowo dan Mas Gibran menjawab keresahan kita secara komplet, di mana pendanaan bantuan usaha dan juga pemberdayaan nelayan," ujar Lukman saat ditemui selepas acara di Kabupaten Pangandaran dalam siaran pers, Rabu.

Menurut dia, program ekonomi biru bertujuan meningkatkan produktivitas hasil perikanan dan kemaritiman melalui penyediaan infrastruktur pendukung, kelembagaan berbasis komunitas, peningkatan kompetensi dan kapabilitas, alat tangkap, serta sarana-prasarana. Menurut Lukman, program tersebut sangat diidamkan oleh para nelayan di Jawa Barat.

 

Apalagi Prabowo-Gibran berkomitmen akan meningkatkan akses keuangan, terutama kredit usaha rakyat (KUR) di sektor perikanan dan kemaritiman. Pasalnya, menurut dia, para nelayan selama ini, masih sulit untuk mendapatkan pembiayaan.

Sehingga hal tersebut sering kali menghambat para nelayan untuk meningkatkan penghasilan yang dimiliki. "Program ini adalah bukti nyata kepedulian Bapak Prabowo dan Mas Gibran untuk para nelayan," ucap Lukman.

Selain program ekonomi biru, Lukman menyebut, Prabowo adalah sosok yang berpihak kepada nelayan. Keberpihakan terhadap para nelayan itu terlihat jelas dari pemberian bantuan yang belum lama ini direalisasikan oleh capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

Prabowo pernah memberikan bantuan 10 unit kapal mesin kepada para nelayan di Pangandaran, Jawa Barat pada Oktober 2023. Bantuan pada Oktober lalu tersebut merupakan bantuan kedua yang diberikan oleh Prabowo.

Bantuan pertama bagi para nelayan tersebut yakni berupa 12 unit mesin kapal kepada para nelayan dan kegiatan pelepasan penyu serta bersih-bersih pantai. Dalam dua kesempatan, Prabowo selalu didampingi eks Menteri KP Susi Pudjiastuti.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement