Rabu 15 Nov 2023 12:12 WIB

Mahasiswi FAI UMJ Raih Banyak Prestasi pada Kompetisi Public Speaking

Mahasiswa (KPM) UMJ berhasil meraih Juara 2 lomba Master of Ceremony tingkat nasional

Winda Yulianti, mahasiswi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), banyak meraih prestasi dibidang public speaking.
Foto: UMJ
Winda Yulianti, mahasiswi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), banyak meraih prestasi dibidang public speaking.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Winda Yulianti, mahasiswi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), banyak meraih prestasi dibidang public speaking. 

Terbaru, Winda yang juga Anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) UMJ berhasil meraih Juara 2 lomba Master of Ceremony (MC) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Bandung (UNISBA), Sabtu (11/11/2023) lalu.

Baca Juga

Kejuaraan ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia. Peserta lomba diwajibkan untuk membuat video semi formal berdurasi lima menit untuk dilakukan seleksi oleh panitia penyelenggara. Setelah berhasil lolos ke babak final, Winda bersaing dengan dua mahasiswa lainnya dengan membawakan teks MC bertajuk non formal.

Sebelumnya, Winda telah memenangkan beberapa lomba diantaranya menyabet dua gelar sekaligus yakni juara satu Master of Ceremony (MC) dan News Anchor pada ajang Workshop and Public Speaking Compettion di Universitas Jember (UNEJ). 

Winda juga pernah meraih juara satu MC dalam ajang pekan Protokoler Nasional di Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, dan juara dua News Anchor dalam ajang satu dekade Tv Muhammadiyah. 

Ketertarikan Winda dalam bidang public speaking dimulai dari keikutsertaanya sebagai anggota KPM UMJ dan mengikuti pelatihan. “Saya tertarik setelah mengikuti pelatihan dibawakan oleh Andromeda Mercury seorang presenter di TV Nasional, tetapi saat itu tidak terpilih menjadi tim MC di KPM. Namun, saya beranikan untuk mengajukan diri dan belajar,” ujar Winda.

Lebih lanjut, Winda mengaku kerap mengikuti ajang perlombaan Master Ceremony (MC) dan presenter. Keberhasilan menjadi MC dan presenter tidak selalu berjalan lancar. Winda mengaku sempat menyerah karena tidak kunjung menjadi juara dalam mengikuti perlombaan MC. Namun, semangat yang diberikan oleh salah seorang dosen kembali membuat Winda bangkit.

“Saya sempat down ketika mengikuti salah satu lomba presenter, karena banyak yang memuji tapi ternyata tidak juara. Sampai akhirnya ada satu orang dosen yang menyemangati dan saya kembali semangat untuk mengikuti lomba,” tutur Winda.

Perempuan yang biasa disapa Wendha ini berharap di masa depan ia dapat terus mengukir prestasi dan mampu menjadi presenter terkenal, sebagaimana tokoh inspirasinya yaitu Andromeda Mercury seorang presenter di stasiun televisi nasional.

Tidak hanya dalam bidang public speaking, Winda juga mempunyai prestasi lainnya yakni juara MTQ Syahril Qur’an tingkat mahasiswa UMJ dan juara dua lomba cover lagu muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-48 tingkat nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement