Sabtu 11 Nov 2023 22:02 WIB

Mahfud Hadiri Deklarasi Nasional Laju Indonesia di Jatim

Mahfud mengingatkan pentingnya pemimpin kuat yang bebas dari korupsi.

Bakal calon wakil presiden Mahfud MD hadiri deklarasi Nasional Laju Indonesia #GAMA2024 di Graha Mahameru, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).
Foto: dok pribadi
Bakal calon wakil presiden Mahfud MD hadiri deklarasi Nasional Laju Indonesia #GAMA2024 di Graha Mahameru, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Bakal calon wakil presiden Mahfud MD hadiri deklarasi Nasional Laju Indonesia #GAMA2024 di Graha Mahameru, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023). Deklarasi dihadiri oleh perwakilan massa dari berbagai profesi yang selama ini terlibat berbagai kegiatan sosial kemanusiaan bersama Laju Indonesia.

Ketua Umum Laju Indonesia, Rieke Diah Pitaloka menandai deklarasi nasional dengan pembacaan "Panca Dharma GAMA". Yakni, pertama memperjuangkan visi dan misi Negara Kesatuan Republik Indonesia kembali ke amanat Pembukaan Konstitusi, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Baca Juga

Dharma GAMA kedua adalah memperjuangkan terwujudnya lima bidang  kesejahteraan rakyat, terpenuhinya hak konstitusional rakyat atas sandang, pangan dan papan; pendidikan dan kebudayaan; kesehatan, pekerjaan yang layak dan lima jaminan sosial; kehidupan sosial, perlindungan hukum dan HAM; serta infrastruktur dan lingkungan hidup yang baik.

Dharma GAMA ketiga adalah memperjuangkan kebijakan pembangunan berbasis riset dan inovasi nasional (evidence based policy). Dharma GAMA keempat yaitu memperjuangkan lahirnya Big Data Indonesia berbasis data desa/kelurahan presisi sebagai data dasar kebijakan pembangunan di segala bidang kehidupan. Terakhir, Dharma GAMA kelima adalah memperjuangkan hadirnya otonomi daerah dalam perspektif NKRI melalui sistem pemerintahan daerah berbasis data presisi.

Sementara, dalam sambutannya, Mahfud mengaku setuju dengan komitmen Panca Dharma Gama yang diajukan Laju Indonesia. Ia menilai hal ini menjadi bagian perjuangan untuk terwujudnya Indonesia unggul.

"Hal yang tidak boleh terlewati dari upaya menjalankan kelima dharma ini adalah dengan ditegakkannya pemberantasan korupsi. Tanpa pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme visi misi, serta kebijakan pembangunan sebagus apa pun tidak mungkin terwujud," tutur Mahfud dalam keterangan, Sabtu (11/11/2023).

Mahfud juga mengaku berterima kasih atas dukungan yang diberikan Laju Indonesia kepada bakal paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD. "Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya Cawapres Mas Ganjar, menerima dukungan dan Panca Dharma GAMA2024. Insya Allah akan menjadi basis perjuangan kami berdua jika terpilih. Akan menjadi bagian tema perjuangan Ganjar-Mahfud menuju Indonesia Unggul," tegas Mahfud.

Menko Polhukam ini mengingatkan, mewujudkan berbagai program pemerintahan, tidak mudah jika pemerintahan tidak punya pemimpin yang kuat. Menurut Mahfud, seorang pemimpin harus bersih dari korupsi dan punya komitmen dalam penegakan hukum. Ia menegaskan, sudah saatnya hukum benar-benar berkeadilan dan tidak tebang pilih pada siapa pun.

Mahfud juga berpesan tentang pentingnya estafet kepemimpinan Indonesia. "Saat ini adalah momentum yang sangat tepat untuk melakukan pergantian pemerintahan secara konstitusional melalui pemilu," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement