Sabtu 11 Nov 2023 12:43 WIB

Atlet Taekwondo dari Kampus UNM Ungkap Dua Hal Penting untuk Jalan Keberhasilan 

Rahmat Kristian ungkap fokus dan komitmen jadi kunci utama keberhasilan seorang atlet

Rahmat Kristian Firdaus, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berbakat bidang olahraga yakni Taekwondo. Ia sosok yang menunjukkan komitmen dan antusias dalam dunia taekwondo.
Foto: dok UNM
Rahmat Kristian Firdaus, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berbakat bidang olahraga yakni Taekwondo. Ia sosok yang menunjukkan komitmen dan antusias dalam dunia taekwondo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rahmat Kristian Firdaus, mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) berbakat bidang olahraga yakni Taekwondo. Ia sosok yang menunjukkan komitmen dan antusias dalam dunia taekwondo.

Sebagai seorang atlet, Kristian biasa disapa memahami pentingnya latihan yang konsisten. Ia yakin bahwa faktor utama keberhasilan dalam taekwondo adalah komitmen dan fokus pada latihan. Ia menjalani sesi latihan dengan tekun dan mencurahkan waktu untuk mematangkan keterampilan juga fisiknya. 

Kristian memiliki pendekatan yang sederhana dalam mempersiapkan diri pada kejuaraan. Ia menonton video latihan dan langsung mencoba teknik tendangan yang ditampilkan dalam unggahan video tersebut. Pendekatan ini menegaskan bahwa fokus dan konsistensi dalam latihan adalah unsur utama dalam taekwondo.

“Menjadi seorang atlet profesional harus punya komitmen dan fokus pada latihan, sebab ini menjadi kunci keberhasilan. Atlet taekwondo tanpa latihan sepertinya adalah sebuah kemustahilan,” katanya dalam rilis yang diterima, Rabu (1/11). 

 

Selain rutin berlatih taekwondo, Kristian sangat menikmati waktu luang bersama dengan teman-teman sebayanya untuk berbagi pengetahuan dan teknik latihan. “Saya kerap berbagi pengetahuan taekwondo dengan orang lain melalui pengajaran, kepada sesama atlet yang menjadi bagian dalam club taekwondo dan juga sesama atlet muda lainnya,” ujarnya.

Dalam arena pertandingan, Kristian memiliki strategi untuk mengatasi kegugupan saat berkompetisi, yakni berdoa, percaya pada diri sendiri dan memulai pertandingan dengan penuh rasa berani.

“Saat bertanding, untuk mengatasi kegugupan dalam berkompetisi, saya selalu mulai dengan berdoa, percaya diri dan berani dalam bertarung di medan laga kompetisi,” tegasnya.

Sementara itu, Taopik Hidayat selaku staf wakil rektor II bidang non akademik menyampaikan bahwa sudah banyak prestasi yang diraih oleh atlet taekwondo Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM). 

“Atlet-atlet taekwondo UNM banyak menyumbang prestasi mulai dari ajang kota hingga nasional pernah diraih oleh atlet taekwondo UNM, termasuk Rahmat Kristian Firdaus. Keberhasilan ini menjadi bukti konkret dari semangat juara Kristian sebagai taekwondoin,” papar Taopik. 

“Rahmat Kristian Firdaus menjadi salah satu inspirasi bagi mahasiswa dan atlet muda. Dengan kerja keras dan semangat yang dimilikinya, ia mampu membuktikan bahwa prestasi cemerlang dapat dicapai dengan niat yang serius dan juga tekad memperdalam kemampuan pada setiap proses latihan,” tandasnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement