Sabtu 11 Nov 2023 12:00 WIB

Pabrik Kayu di Cikembar Sukabumi Terbakar, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Pemadamkebakaran sigap memadamkan api.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi memadamkan api.
Foto: Dok. Damkar Kabupaten Ciamis.
Ilustrasi memadamkan api.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Peristiwa kebakaran melanda pabrik penggesekan kayu di Kampung Lana Jaya, RT 01 RW 02, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/11/2023) pagi. Diperkirakan kerugian dari kejadian tersebut mencapai puluhan juta rupiah.

Kasi Trantib Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi Andi mengatakan, kebakaran penggesekan kayu yang terjadi sekitar pukul 04.20 WIB. '' Belum diketahui secara pasti terkait penyebab api berasal dari mana,'' jelasnya kepada wartawan.

Baca Juga

Namun kata Andi, dampak dari kebakaran ini diperkirakan menyebabkan kerugian material sekitar Rp 50 juta. Hal ini dikarenakan mesin pengesekan dan kayu habis terbakar.

Dalam kejadian ini terang Andi, dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka. Pasalnya, pada saat kejadian kondisi di lokasi penggesekan kayu yang terbakar itu, dalam keadaan kosong.

Andi menerangkan, kebakaran itu pertama kali diketahui oleh warga setempat yang akan pergi ke air untuk mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat Subuh. Warga kemudian melaporkan kejadian ini kepada Pemdes Cibatu dan Damkar Pos Pangleseran.

'' Tidak lama setelah itu, seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari unsur P2BK, Polsek, Koramil, Damkar, Pol PP, dan Pemdes Cibatu telah berusaha memadamkan api,'' kata Andi. Petugas juga membantu masyarakat untuk menjauh dari lokasi kebakaran.

Kobaran api lanjut Andi, berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB. Pemadaman ini dengan mendatangkan sebanyak dua unit mobil damkar dari Damkar Pos Cikembar dan Pos Cibadak, Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement