Kamis 09 Nov 2023 22:16 WIB

Relawan Ojol Ganjar Berikan Pelatihan Safety Riding untuk Rekan Seprofesi di Serang

Pelatihan tersebut sangat penting karena para driver selalu berada di jalan raya.

Pelatihan safety riding di Jalan Raya Cilegon, Kampung Pelamunan Sor, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang, Banten.
Foto: Dok. Web
Pelatihan safety riding di Jalan Raya Cilegon, Kampung Pelamunan Sor, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kelompok relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Ojek Online (Kajol) Indonesia berkomitmen melakukan kegiatan bermanfaat kepada masyarakat luas. Kali ini, Kajol Indonesia dukung Ganjar itu menggelar pelatihan safety riding atau keselamatan berkendara bagi para driver ojek online di Banteng. 

Adapun acara tersebut berlangsung di Jalan Raya Cilegon, Kampung Pelamunan Sor, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang, Banten.

Baca Juga

Koordinator Wilayah Kajol Indonesia Banten Ario Wibowo mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kajol dukung Ganjar mengadakan pelatihan safety riding yang terus digalakan. 

Menurut dia, pelatihan tersebut sangat penting karena para driver selalu berada di jalan raya. "Pelatihan ini sangat penting karena banyak dari pengemudi kendaraan bermotor itu bisa mengendarai motornya, tetapi banyak yang belum menguasai dan memahami berkendara yang baik dan benar," kata dia seperti dinukil pada Kamis (9/11/2023). 

Dalam pelatihan tersebut, para driver Ojol diajarkan teori hingga praktik tentang cara berkendara yang benar. 

Selain itu, mereka juga berikan sejumlah pengetahuan seperti mengenai aturan rambu-rambu lalu lintas, cara berkendara, pengereman, dan lain sebagainya. 

"Teman-teman driver Ojol sangat terbantu dengan adanya program Safety Riding sehingga mereka menjaga keamanan dalam berkendara dan lebih mengenal rambu-rambu jalan serta blind spot selama berada di jalanan," tutur dia.

Ario Wibowo berharap dengan adanya pelatihan tersebut bisa menekan angka kecelakaan di jalan raya, khususnya yang melibatkan kendaraan roda dua. 

"Saya berharap dengan adanya pelatihan ini para driver Ojol lebih memahami berkendara yang baik dan bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," kata dia.

Di sela kegiatan tersebut, Ario tidak lupa memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai calon presiden-wakil presiden kepada para peserta yang hadir.

"Kami juga mengenalkan Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI dan Bapak Mahfud MD sebagai Cawapres RI 2024," kata Ario Wibowo.

Yusuf Saputra, salah satu peserta mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kajol dukung Ganjar itu. Dia menilai pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi para driver ojol.

"Sangat bermanfaat sekali buat kami khususnya para ojol untuk lebih bisa berkendara dengan baik dan benar," kata Yusuf.

Sebelumnya, Ratusan pengemudi ojol di Kabupaten Serang, Banten juga telah ikut serta dalam pelatihan kewirausahaan yang diinisiasi oleh relawan Kajol ini. 

Pelatihan tersebut dihelat di salah satu restoran di Jl. Raya Cilegon, Pondok Cilegon Indah, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten. 

Risnandar mengatakan, ada lebih dari 500 pengemudi ojol yang ikut dalam pelatihan ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Serang. 

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman driver ojol yang memang ingin perekonomiannya meningkat di luar dari penghasilannya sebagai ojol," kata dia, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement