Ahad 19 Nov 2023 10:24 WIB

Tebar Inspirasi Sehat ke Ratusan Lansia, Mak Ganjar Senam Bersama di Banten

Ada banyak manfaat kesehatan dari kegiatan senam bersama bagi kebugaran tubuh lansia.

Senam sehat di Kampung Ciseyeng RT 007/004, Desa Curug Agung, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten.
Foto: Dok. Web
Senam sehat di Kampung Ciseyeng RT 007/004, Desa Curug Agung, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN SERANG -- Kelompok relawan Mak Ganjar menebarkan inspirasi sehat kepada ratusan masyarakat lanjut usia (lansia) di Provinsi Banten lewat senam bersama.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu di Kampung Ciseyeng RT 007/004, Desa Curug Agung, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten.

Baca Juga

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Banten, Siti Hani mengungkapkan, ada banyak manfaat kesehatan dari kegiatan senam bersama bagi kebugaran tubuh lansia. 

Di antaranya, mengontrol kadar gula darah, membangun kekuatan otot dan tulang, menjaga keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh, hingga meningkatkan kelenturan tubuh.

 

Terlebih senam merupakan olahraga ringan dan mudah dilakukan. Sehingga, kata Siti, kegiatan ini tidak memberatkan lansia.

“Biar badannya bugar ya. Kalau kita rajin olahraga, sudah pasti badan kita segar dan bugar,” kata Siti seperti dinukil pada Ahad (19/11/2023). 

Dalam senam bersama itu, tampak keceriaan dan kebahagiaan yang terpancar dari para lansia. Mereka mengikuti gerakan instruktur senam dengan penuh riang gembira bersama-sama.

Tak hanya itu, senam bersama ini juga menjadi ajang silaturahmi para lansia di Desa Curug Agung. Selama senam, mereka saling berinteraksi sambil menggerakan tubuh.

“Suasananya mak-mak dan para lansia yang datang sangat seru sekali. Bahkan mereka sudah datang sebelum senam mulai. Suasananya sangat antusias karena mereka mau senam bersama,” kata dia.

Siti berharap, senam bersama dapat dijadikan agenda rutin para lansia agar terus bisa menjaga kebugaran tubuh. Siti pun mendoakan kesehatan mereka kini dan nanti.

“Harapannya mak-mak dan para lansia bisa beraktivitas dengan lancar dan sehat. Selanjutnya Mak Ganjar Banten akan mengadakan cek kesehatan,” ujar dia.

Sementara, salah satu lansia bernama Syarifah mengapresiasi sukarelawan Mak Ganjar Banten. Dengan adanya senam bersama itu, Syarifah mengaku jadi makin semangat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

“Alhamdulillah saya senang banget ikut senam bersama Mak Ganjar. Biar badan sehat dan tubuh semakin kuat. Saya ingin ikut kalau ada senam lagi,” ujar dia. 

Sebelumnya, relawan serupa juga telah menggelar kegiatan senam di Jawa Timur. Relawan mengingatkan pentingnya gaya hidup sehat melalui kegiatan sadar berolahraga.

Kegiatan senam sehat bersama dilakukan bersama klub RTH Bagorejo, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi.

“Olahraga harus menjadi perhatian serius untuk perlindungan kesehatan masyarakat,” ujar Koordinator Mak Ganjar Jatim Harizatun Naqiyah, seperti dinukil dari Antara.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement