Rabu 08 Nov 2023 16:34 WIB

Anwar Usman: Saya Dengar Ada Skenario Upaya Pembunuhan Karakter Saya

Anwar Usman tak keberatan dengan putusan MKMK tapi perlu mengeluarkan uneg-unegnya.

Rep: Rizky Suryarandika, Wahyu Suryana, M Noor Alfian/ Red: Andri Saubani
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman sebelum memberikan keterangan terkait hasil putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) di Gedung MK, Jakarta, Rabu (8/11/2023). Dalam kesempatan tersebut Anwar Usman merasa difitnah dalam penanganan perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang batas usia capres-cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia menyebut fitnah itu keji dan sama sekali tidak berdasarkan atas hukum dan fakta.
Foto:

Pada Rabu (8/11/2023), Prabowo Subianto enggan mengomentari putusan MKMK saat ditemui awak media usai memberi paparan dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, di Jakarta. Awalnya, Prabowo menyampaikan kesannya usai menjadi pembicara dalam acara tersebut. Prabowo membawa paparan tentang strategi transformasi bangsa kalau Indonesia ada dalam posisi yang sangat unik dan potensial.

Indonesia, lanjut Prabowo, sangat siap untuk melompat karena landasan ekonomi kuat dan solid. Ia menilai, prestasi yang dibangun Presiden Joko Widodo di atas landasan presiden-presiden terdahulu sudah luar biasa.

"Inilah namanya nation building, nation building itu tidak bisa sekejap, sekian tahun, fondasi kuat sama dengan kita membangun gedung, tidak mungkin kita membangun gedung yang kuat tanpa fondasi yang kuat," kata Prabowo.

Ia melihat, strategi Indonesia sudah benar dan kebijakan hilirisasi merupakan satu-satunya jalan menuju kemakmuran. Prabowo menekankan, keberpihakan mereka terhadap rakyat Indonesia sudah sangat jelas.

Terkait makan siang gratis, ia merasa, itu merupakan wujud tanggung jawab pemerintah. Prabowo menilai, itu merupakan akar masalah dan anak-anak Indonesia harus mendapat gizi yang baik agar mampu belajar.

Namun, Prabowo tampak bersiap meninggalkan lokasi dan melambaikan tangan ketika awak media menanyakan soal Anwar Usman. Bahkan, Prabowo berbalik dan langsung melakukan 'lari kecil' dan menuju luar Menara Bank Mega.

"Oke, terima kasih," ujar Prabowo sambil melambaikan tangan.

Adapun, bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka mengaku menghormati keputusan yang dijatuhkan oleh MKMK kepada Ketua MK Anwar Usman karena terbukti bersalah melanggar kode etik dan perilaku hakim MK. 

"Ya kita hormati saja keputusannya yang ada di sana," kata Gibran ketika ditemui di balai kota Solo, Rabu (8/11/2023). 

photo
Komik Si Calus : Dinasti - (Daan Yahya/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement