Rabu 08 Nov 2023 02:54 WIB

Ini Cara Crivisaya Ganjar Tingkatkan Perekonomian Warga Prasejahtera di Bandar Lampung

Ini juga menjadi cara bagi Crivisaya Ganjar untuk mengedukasi para pemuda.

Kolam bioflok untuk budidaya nila bagi warga di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.
Foto: Dok. Web
Kolam bioflok untuk budidaya nila bagi warga di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Crivisaya Ganjar terus melancarkan aksi bermanfaatnya untuk masyarakat. Teranyar, para pendukung Ganjar Pranowo ini memberikan kolam bioflok untuk budidaya nila bagi warga di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. 

Koordinator Wilayah Crivisaya Lampung, Alvin Alyonni mengatakan bantuan tersebut dilakukan guna meningkatkan ekonomi masyarakat prasejahtera di daerah tersebut. 

Baca Juga

"Untuk mengembangkan dan memberdayakan ekonomi secara mandiri," kata Alvin, seperti dinukil pada Selasa (7/11/2023). 

Dengan budidaya nila, warga bisa menjadikan kegiatan tersebut menjadi pekerjaan sampingan. Sehingga bisa menambah pendapatannya. 

Alvin menjelaskan, kolam bioflok dipilih karena praktis, fleksibel, dan peletakannya yang tidak perlu menggunakan lahan yang luas. 

"Bioflok untuk pengelolaan lahannya sendiri lebih praktis dengan memanfaatkan media terpal. Untuk bioflok, hasil sisa pakannya itu bisa diolah lagi untuk pakan ikan itu sendiri," jelasnya. 

Selain kolam, relawan juga turut menyerahkan bibit nila untuk mendukung budidaya tersebut. Nila dipilih karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

"Seperti kita tahu untuk nila itu perawatannya enggak terlalu ribet. Sangat gampang untuk merawat nila. Pengembangbiakannya juga cukup cepat. Secara nilai ekonomis, nila juga cukup stabil harganya," katanya. 

Ini juga menjadi cara bagi Crivisaya Ganjar untuk mengedukasi para pemuda akan cara berwirausa budidaya ikan dengan memanfaatkan lahan yang minim. 

Adapun, seperti dinukil dari Antara, Crivisiya Ganjar adalah Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila). 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement