Ahad 05 Nov 2023 06:54 WIB

Aksi Bela Palestina di Monas, Sejumlah Ruas Jalan Ini Dialihkan

Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait aksi 'Bela Palestina'.

Rep: Ali Mansur/ Red: Nora Azizah
Sejumlah peserta aksi membagikan bendera palestina sebelum dimulainya Aksi DamaiAliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, di kawasan Monas, Jakarta (5/11/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah peserta aksi membagikan bendera palestina sebelum dimulainya Aksi DamaiAliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, di kawasan Monas, Jakarta (5/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya siap mengawal aksi damai 'Bela Palestina' di kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, Ahad (5/11/2023). Selain mengerahkan sebanyak 3.448 personel gabungan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. 

Setidaknya ada empat ruas jalan yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas imbas dari adanya aksi 'Bela Palestina'. Namun demikian rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersifat situasional.

Baca Juga

"Rekayasa lalu lintas kita siapkan, tapi sifatnya situasional," kata Trunoyudo, Sabtu (4/11/2023).

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan:

1. Arus Lalu Lintas dari arah Jalan Harmoni arah Majapahit dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto.

2. Arus Lalu Lintas dari arah Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni.

3. Arus Lalu Lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat dialihkan.

4. Arus lalulintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur. 

 

Ribuan personel gabungan tersebut meliputi 2.774 personel dari Polda Metro Jaya dan Polres. Kemudian sebanyak 500 personel dari unsur TNI dan Pemda DKI sebanyak 98 personel. Rencananya aksi solidaritas kemanusian tersebut dimulai pukul 05.30 WIB dan akan ada orasi dari para tokoh lintas agama, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement